SOLOPOS.COM - Subhan Aksa (wrc.com)

Subhan Aksa (wrc.com)

Subhan Aksa (wrc.com)

JAKARTA – Pereli nasional Subhan Aksa yang bernaung di Bosowa Fastro Rally Team (BFRC) Indonesia menyatakan optimismenya menyongsong seri perdana kejuaraan reli dunia atau “World Rally Championship (WRC) 2” di Portugal, 11-14 April mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Memang semuanya baru untuk reli saat ini. Selain kelas baru yaitu WRC2, saya diharuskan menggunakan kendaraan yang baru pula. Makanya kita harus optimistis,” kata Subhan Aksa di sela acara Goes To WRC-2 di Jakarta, Selasa. Pria yang akrab dipanggil Ubang mengaku selama ini dirinya selalu mengandalkan kendaraan Mitsubishi, hanya saja khusus untuk turun di kelas satu tingkat dibawah WRC ini pria asal Makassar ini akan mengunakan Ford Fiesta Reginal Rally Car (RRC).

Menggunakan mobil Ford Fiesta RRC, kata dia, adalah pengalaman pertama. Apalagi kendaraan yang spesifikasinya hampir sama dengan yang digunakan di kelas utama atau WRC-1 adalah menggunkan stir kiri. “Mobil yang saya gunakan hampir sama dengan mobil WRC hanya turbo dan sistem aerodinamika yang berbeda. Untuk lainnya termasuk suspensi tetap sama,” kata juara nasional reli 2012 itu.

Ubang mengaku guna mempersiapkan diri menghadapi seri pertama di Portugal, pihaknya bersama pendukungnya akan bertolak ke salah satu negara di Eropa itu Sabtu (6/4). Setelah itu akan melakukan ujicoba kendaraan mulai Senin (8/4/2013). Guna memaksimalkan hasil diseri perdana itu, Ubang mempercayakan pengerjaan kendaraannya pada M-Sport. Rumah modifikasi ini sebelumnya menaungi tim pabrikan Ford saat turun di kejuaraan reli terbesar di dunia ini.

“Untuk target diseri perdana ini kami tidak muluk-muluk. Terus terang masih butuh penyesuaian. Yang jelas harus mampu masuk 10 besar,” kata anak pengusaha nasional Aksa Mahmud itu.

Selain mengandalkan M-Sport dalam menyiapkan kendaraan, pada reli seri perdana ini Ubang menggandeng navigator asal Italia, Nicola Arena. Penunjukan nativagor senior itu bukan tanpa alasan karena pria asal Italia itu dinilai cukup berpengalaman. “Saya pernah menggunakan jasanya saat turun di PWRC tahun lalu. Dia juga cukup mengenal lintasan yang akan dilalui nanti,” kata adik dari pengusaha muda nasional, Erwin Aksa itu.

WRC-2 2013 terbagi dalam tujuh seri. Seri pertama di Portugal (11-14 Maret), seri dua Yunani (31 Mei-2 Juni), seri ketiga Jerman (22-25 Agustus, seri empat Australia (12-15 September tentatif), seri lima Prancis (3-7 Oktober), seri enam Spanyol (24-27 Oktober) dan seri tujuh Wales (13-17 November).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya