SOLOPOS.COM - Mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (ketiga dari kiri) menjawab pertanyaan wartawan dalam acara pembukaan Liga Bola Rakyat (Libra), Kamis (8/6/2023). (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Relawan Prabowo Subianto resmi menggelar Liga Bola Rakyat (Libra) di sejumlah lapangan Kota Solo. Selain mencari atlet-atlet muda, penyelenggara juga ingin memberikan hiburan sepak bola kepada masyarakat.

Dalam pembukaan Liga Bola Rakyat, dihadiri oleh mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan akademisi Rocky Gerung di Solo pada Minggu (4/6/2023) lalu. Liga Bola Rakyat menggunakan tiga stadion, yakni Stadion UNS, Lapangan AURI, dan Lapangan Kopassus. Pada laga final digelar di Stadion Manahan pada akhir bulan Agustus 2023.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Sebanyak 32 tim bersaing di kompetisi ini memperebutkan total hadiah Rp250 juta.

Ketua Relawan Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer, dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Kamis (8/6/2023) mengatakan kompetisi akan berjalan selama 3,5 bulan. Dia menyebut ingin mengangkat moral para suporter dan pemain bola. Hal itu karena masyarakat ingin mendapatkan tontonan yang enak.

“Dengan adanya Libra ini, semoga rakyat bisa menonton pemain bola dan bibit bola,” kata Immanuel.

Ia menambahkan saat penutupan atau di laga final Liga Bola Rakyat  diharapkan bisa dihadiri Prabowo Subianto.

Ketua Dewan Pembina Prabowo Mania 08, Aris Marsudiyanto mengungkap alasan Libra pertama kali diadakan di Solo. Salah satu alasannya karena sarana dan prasarana yang dimiliki Kota Solo, juga soal perizinan yang dinilai mudah.

“Karena saya lahir di Solo, tau persis kondisi Kota Solo, maka saya tetapkan menyelenggarakan acara ini pertama di Solo. Yang kedua, kami mengalami sangat kemudahan untuk mengurusi perizinan,” kata Aris.

Sementara itu, Sekjen Prabowo Mania 08 Soloraya, Heriyanto, mengatakan kompetisi ini merupakan satu-satunya kompetisi perdana di Soloraya yang dikemas profesional. Hal ini diprakarsai oleh Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Mantan ketua PSSI sekaligus Pembina Pranowo Mania, Iwan Bule mengatakan seperti Piala Nusantara pemantauan pemain bagus akan dilakukan.

“Ketua Liga Bola Rakyat akan melakukan scouting pemain yang bagus. Nanti bisa saja dikolaborasikan pemain yang bagus siapa, akan menjadi satu tim besar, itu bisa terjadi,” kata Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya