SOLOPOS.COM - Perawatan rel kereta api di Sragen (ilustrasi/Kurniawan/JIBI/Solopos)

Rel kereta api Kota Madiun-Ponorogo dalam waktu dekat segera dihidupkan lagi setelah 33 tahun mati.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Tekad PT KAI untuk mengembalikan kejayaan transportasi massal nampaknya bukan sekadar angan-angan. Di Jawa Timur, jalur kereta api jurusan Madiun-Ponorogo yang tidur panjang selama 33 tahun bakal dihidupkan kembali.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Manajer Humas PT KAI Daops 7 Kota Madiun, Supriyanto, mengatakan rencana pembukaan jalur madiun-Ponorogo itu untuk mengatasi kepadatan lalu lintas dari arah Madiun ke Ponorogo dan sebaliknya.

“Saat ini sudah direncanakan, karena jalur kendaraan Madiun-Ponorogo bakal macet,” paparnya saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Kamis (5/2/2015).

Supriyantio menjelaskan, jalur Madiun-Ponorogo memiliki panjang sekitar 58 kilometer. Jalu tersebut, terakhir digunakan pada 1982. Jalur tersebut terbentang antara Stasiun Besar Madiun menuju Stasiun Sleko, Pagottan, Mlilir, Ponorogo hingga Slahung.

“Pembukaan lintas cabang ini akan menjadi solusi saat kepadatan lalu lintas dari dan ke Madiun serta sebaliknya, meninggi. Pengurangannya bisa mencapai 50 persen,” ujarnya.

Menurut Supriyanto, pengaktifan jalur tersebut sama seperti yang dilakukan PT KAI Jogja yang menghidupkan jalur Solo-Wonogiri Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, jika jalur itu disetujui untuk dibuka kembali, otomatis sejumlah stasiun yang sudah mati harus dihidupkan lagi. Rel yang sudah tertutup bangunan, juga harus diperbaiki dengan berbagai pembongkaran.

Ia mengatakan, untuk pembongkaran jelas akan membutuhkan biaya yang amat besar. Namun, hal itu menjadi kewajiban pemerintah daerah demi kelancaran lalu lintas di daerah setempat.

“Untuk mewujudkannya harus membahasnya terlebih dahulu dengan tiga pemda yang dilewati jalur, yaitu Pemkot Madiun, Pemkab Madiun, dan Pemkab Ponorogo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya