SOLOPOS.COM - Personel Polres Klaten menyisir rel kereta api (KA) mulai dari palang pintu perlintasan Krapyak hingga Stasiun Klaten, Kamis (21/6/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)


Personel Polres Klaten menyisir rel kereta api (KA) mulai dari palang pintu perlintasan Krapyak hingga Stasiun Klaten, Kamis (21/6/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Belasan personel dari Polres Klaten menyisir rel kereta api (KA) mulai dari palang pintu perlintasan Krapyak hingga Stasiun Klaten, Kamis (21/6/2012). Penyisiran itu dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kerusakan rel KA menjelang liburan sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di lokasi, penyisiran rel itu dipimpin Komandan Sabhara Polres Klaten, Aiptu Suyono. Dalam penyisiran itu, polisi menemukan sejumlah baut yang menyambungkan bantalan dengan rel kendor.

Polisi lalu memperbaiki baut yang kendor itu. Polisi juga menemukan sejumlah besi pengait bantalan dengan rel terlepas dari tempatnya. Sebagian besi pengait itu masih ditemukan di sekitar rel, namun sebagian lagi sudah hilang. “Hasil temuan dalam penyisiran ini akan kami laporkan kepada manajeman Stasiun Klaten supaya diperbaiki secepatnya,” ujar Suyono.

Suyono menjelaskan, penyisiran rel itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa kondisi rel aman memasuki musim liburan sekolah kali ini. Menurutnya, banyak warga yang memanfaatkan jasa transportasi KA menuju tempat-tempat hiburan saat iburan. Pihaknya tidak ingin terjadi kasus anjloknya KA dari rel akibat kerusakan lintasan.

“Kasus [KA anjlok] ini sudah banyak terjadi. Untuk itu, kondisi rel harus dipastikan aman agar kejadian serupa tidak terulang,” terang Suyono.

Suyono menambahkan penyisiran rel ini tidak hanya dilakukan menjelang liburan sekolah. Menjelang Lebaran nanti, pihaknya juga akan mengintensifkan penyisiran rel KA. Menurutnya, cukup banyak warga yang memanfaatkan KA untuk mudik menjelang Lebaran. “Kami ingin pemudik merasa nyaman dan aman ketika mudik menggunakan KA,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya