Tutup Iklan

Rel Ganda KA Solo-Kedungbanteng Siap Pakai Februari

Proyek jalur ganda kereta api (KA) atau double track Solo-Kedungbanteng, Sragen, sepanjang 42 km siap beroperasi Februari 2019. Saat ini, perkembangan pembangunannya sudah mencapai 97%.

Rel Ganda KA Solo-Kedungbanteng Siap Pakai Februari

SOLOPOS.COM - Pembangunan jalur ganda dari Solo-Sragen melintasi wilayah Karanganyar di Jaten dan Kebakkramat. Foto diambil Rabu (11/4/2018). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, SOLO — Proyek jalur ganda kereta api (KA) atau double track Solo-Kedungbanteng, Sragen, sepanjang 42 km siap beroperasi Februari 2019. Saat ini, perkembangan pembangunannya sudah mencapai 97%.

Rencana pengoperasiannya masih menunggu tahapan-tahapan switch over, safety assesment, dan pengujian. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Tengah Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Arief Sudiatmoko, mengatakan jalur ganda telah rampung seluruhnya dan hanya menyisakan pembangunan fisik lain yang tidak terkait langsung dengan rel.

Arief mengatakan pembangunan jalur ganda itu melewati 19 jembatan dengan rentang terpanjang melewati Sungai Bengawan Solo di kawasan Jurug. Di titik itu, panjang jembatan mencapai 225 meter.

Saat ini proses pembangunannya sudah selesai dan dalam tahapan proses pengalihan jalur lama ke jalur baru. “Jembatan lama akan diganti dengan jembatan baru yang sudah siap lintas di sebelahnya,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com melalui layanan perpesanan, belum lama ini.

Proyek multiyears dengan total investasi mencapai Rp1,2 triliun itu juga membangun dua stasiun baru, selain tetap menggunakan lima stasiun yang sudah ada. Dua stasiun baru tersebut meliputi Stasiun Palur dan Stasiun Kemiri.

Arief menjelaskan pengoperasian rel ganda itu bakal meningkatkan kapasitas kereta yang melintas dari semula 91 kereta per hari menjadi 182 kereta per hari.

“Ini untuk menunjang operasional kereta rute Jakarta-Surabaya maupun Jogja-Solo-Surabaya. Saat ini untuk Solo-Yogyakarta sudah menggunakan rel ganda,” ucapnya.

Tentang operasional komuter Sragen-Solo, Pejabat Humas Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jawa Bagian Tengah, Eko Budi Santoso, mengatakan operasional komuter per trainset pemberangkatan seperti Prameks berkapasitas angkut mencapai 200 orang. Rencana frekuensi pengoperasian komuter itu masih dibahas.

Berita Terkait

Berita Terkini

Angkatan Udara Israel Serang Gaza Lagi

Gencatan senjata Palestina dan Israel terancam setelah Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Rabu (16/6/2021) pagi.

Sadari, Zodiak Ini Mungkin Jatuh Cinta Karena Uang!

Sadarkan Anda bahwa astrologi menengarai ada orang dengan tanda zodiak tertentu yang mungkin jatuh cinta karena uang?

Rumah Sakit Jiwa di Semarang Siapkan 115 Bed Isolasi

Untuk menyiapkan bed isolasi pasien Covid-19, RSJD Amino Gondohutomo harus memindahkan sejumlah pasien ODGJ ke bangsal lain.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jalani Isolasi Mandiri, BCL Merasakan Sejumlah Gejala Covid-19

BCL merasakan sejumlah gejala saat hari ketiga karantina.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik Rumah Sakit & Faskes

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, dan mencegah pemadaman listrik, khususnya tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.