Tutup Iklan

Rektor UNS: Silaturahmi Idulfitri Momentum Menyinkronkan Hati

Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

 Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho membuka Silaturahmi Idulfitri 1442 H keluarga besar LPPM,DIH dan Biro RPMUNS, Rabu (19/5/2021) pagi, melalui Zoom Cloud Meeting. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho membuka Silaturahmi Idulfitri 1442 H keluarga besar LPPM,DIH dan Biro RPMUNS, Rabu (19/5/2021) pagi, melalui Zoom Cloud Meeting. (istimewa)

Solopos.com, SOLO-– Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho membuka Silaturahmi Idulfitri 1442 H keluarga besar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Riset dan Inovasi (Risnov), Direktorat Inovasi Hilirisasi (DIH) dan Biro Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (RPM) UNS, Rabu (19/5/2021) pagi, melalui Zoom Cloud Meeting.

Silaturahmi Idulfitri 1442 H ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Komunikasi dan Media Massa, Prof. Widodo Muktiyo, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Ketua LPPM UNS, Prof. Okid Parama Astirin, dan Sekretaris LPPM UNS, Prof. Syamsul Hadi.

Dalam sambutannya, Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

“Suasana kebersamaan yang penuh kebahagiaan pada saat ini kita rasakan bersama untuk sementara waktu harus dijalani dalam keterbatasan,” ujar Jamal.

Baca Juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Berkomunikasi dengan Allah

Tidak lupa, ia juga mengajak agar keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat memaknai era kenormalan baru selama pandemi Covid-19 dengan belajar berkomunikasi dengan Allah.

“Bahwa kita semua lemah, rapuh, dan kosong tanpa terkoneksi dan terhubung dengan-Nya dimana pun kita berada. Hikmah lain yang bisa kita petik kita dapat menyinkronkan hati kepada sesama manusia, mahasiswa, teman sejawat, dan handai taulan,” sambung Jamal.

Dalam kesempatan itu, LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM UNS secara khusus mengundang Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Windan, Sukoharjo, KH. Mohammad Dian Nafi untuk menyampaikan tausyiah.

Dian Nafi dalam tausyiahnya menekankan agar keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM UNS untuk meningkatkan jalinan persahabatan dengan orang-orang beriman.

Baca Juga: Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Mengutip pernyataan yang pernah disampaikan Widodo Muktiyo, pada kesempatan itu Dian Nafi juga mengingatkan bahwa sejatinya manusia hidup dalam komunikasi bukan komunikasi hidup dalam manusia.

“Di Al Qur’an Surah Al Hujurat:10 di situ dikatakan, ‘Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah [perbaikilah hubungan] antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat’,” ujar Mohammad Dian Nafi.

Lebih lanjut ia menuturkan agar jalinan persahabatan dapat terus terjalin, maka sesama manusia hendaknya saling bersilaturahmi. Menurutnya, Ibn Al Atsir pernah mengatakan silaturahmi adalah menjaga kebajikan (ihsan) kepada keluarga senasab dan karib kerabat dari keluarga mertua, menjaga hubungan baik dan kasih sayang, lemah lembut, menjaga perilaku mereka, dan termasuk ketika mereka menjauh atau bertindak buruk.

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.