Rektor Undha AUB Dilantik, Rektor: Ada 6 Tantangan Perguruan Tinggi

Rektor Universitas Dharma Adi Unggul Bhirawa (Undha AUB) Siti Fatonah menyampaikan ada enam tantangan perguruan tinggi ke depan.

 Prosesi pelantikan Rektor terpilih Siti Fatonah (kiri) dilantik oleh Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila, Anggoro Panji Nugroho (kanan) (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Prosesi pelantikan Rektor terpilih Siti Fatonah (kiri) dilantik oleh Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila, Anggoro Panji Nugroho (kanan) (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Rektor Universitas Dharma Adi Unggul Bhirawa (Undha AUB) dan pejabat struktural Undha AUB periode 2022-2026 dilantik, Selasa (24/5/2022).

Prosesi pelantikan digelar di Gedung Garuda Graha Kampus AUB. Rektor terpilih Siti Fatonah dilantik oleh Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila, Anggoro Panji Nugroho. Sedangkan pejabat struktur Undha AUB dilantik oleh rektor terpilih.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Pelantikan dimulai dengan pengambilan sumpah jabatan disaksikan oleh tamu dan civitas akademika Undha AUB. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan surat keputusan. Rektor terpilih juga berkesempatan menyampaikan sambutan perdananya.

Dalam sambutannya, Siti Fatonah mengatakan ada beberapa tantangan yang dihadapi pendidikan tinggi di era global. Apalagi Undha AUB sendiri merupakan penggabungan dari tiga lembaga Perguruan Tinggi yaitu STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) AUB, STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) AUB dan Akademi Teknologi AUB Solo.

Ada enam poin tantangan bagi Undha AUB yang dia sampaikan. Di antaranya belum maksimalnya kualitas dan kompetensi lulusan dengan kebutuhan yang ada di tengah masyarakat. Hal itu dikarenakan kurangnya motivasi dan keterampilan manajemen dan kewirausahaan.

Baca Juga: Dosen STIE AUB Surakarta Beri Pencerahan Tentang Berkah Air Hujan

“Belum sempurnanya link and match antara kualitas dan kompetensi lulusan dengan kualitas yang dubutuhkan dunia usaha dan industri. Kurang terbangunnya motivasi dan keterampilan sebagai modal di masyarakat yaitu keterampilan manajemen dan kewirausahaan, serta belum terbukanya secara penuh perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Keempat, sistem pendidikan belum memecahkan problem empiris. Artinya, output pendidikan belum sepenuhnya mampu membentuk karakter mahasiswa atau intelektual muda.

Ia juga menyoroti masih kurangnya kualitas dosen untuk melahirkan riset yang bisa memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan sekarang.

“Kendala lainnya yang dihadapi adalah bagaimana membangun kemampuan untuk bersaing agar mampu mengejar ketertinggalan dengan berbagai perguruan tinggi yang lebih maju,” tutur dia.

Kemajuan universitas bertumpu pada lulusan yang memiliki daya saing baik level nasional mau pun internasional.

Sehingga Fatonah berpesan ia bersama jajaran akan menguatkan komitmen dan jalinan kebersamaan dengan seluruh civitas akademika Undha AUB Solo.

Selain itu evaluasi program-program dari seluruh jajaran dan warga Undha AUB sangat dibutuhkan guna menciptakan langkah ke depan yang efektif dan efisien

“Kami meyakini dengan kerja sama bahu-membahu dan tercipta suasana keharmonisan diantara seluruh civitas akademika Undha AUB, semua harapan dan cita-cita Insya Allah akan dapat diwujudkan,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

Solopos Hari Ini: Misi Perdamaian Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Mariinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Ini menjadi sejarah baru Indonesia membawa misi perdamaian di Eropa timur.

Metal Progresif Peraih Grammy Awards Segera Bergema di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Sejarah Hari Ini: 30 Juni 2015, Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 30 Juni.

Seusai dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia dan Terbang ke Rusia

Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Tilang Berbasis ETLE Baru di Tiga Provinsi, Salah Satunya Jateng

Melalui ELTE diketahui banyak pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dan mendapatkan bukti pelanggaran (tilang).

Jangan Ditiru! Mahasiswi Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai VI

Mahasiswi tersebut diduga melompat dari lantai VI.

Usai Lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Polandia

Setelah menyelesaikan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Rabu (29/6/2022), rombongan Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia.

Kamis, Yusuf Mansur Wisuda 80 Santri Program Gratis Daarul Quran

Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus adalah cabang dari Daarul Quran yang membebaskan santrinya dari kewajiban membayar alias gratis biaya pendidikan.

Yusuf Mansur Jual Rumah, Orang Dekat: Ustaz Tidak Bangkrut!

Orang dekat Yusuf Mansur, Dwi Makmun, menyayangkan informasi yang berkembang di media sosial bahwa dai kondang itu menjual aset karena bangkrut. 

Yusuf Mansur Jual Rumah untuk Tutup Utang Walisantri Daqu

Yusuf Mansur beralasan, penjualan rumah dan aset itu untuk menutup utang walisantri di Ponpes Daarul Quran yang mencapai Rp20 miliar.

Pemerintah Tetapkan Iduladha 2022 Jatuh pada 10 Juli

Sidang isbat Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022, sehingga Iduladha akan jatuh pada 10 Juli.

Tak Hanya Pertalite, Beli Elpiji 3 Kg Juga Bakal Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga, Rabu (29/6/2022), menyatakan bakal membatasi pembelian elpiji 3 kg lewat aplikasi MyPertamina.

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Pesawat AMA Mendarat Darurat, Pilot dan 5 Penumpang Selamat

Polda Papua melaporkan pesawat AMA tersebut terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk.

Bank Dunia Minta Jokowi Naikkan Harga BBM, Ini Jawabannya

Bank Dunia beralasan kebijakan subsidi BBM justru salah sasaran dan menguntungkan kelompok masyarakat menengah dan atas.

Kendaraan 2.000 CC ke Atas Haram Pakai BBM Bersubsidi

Pelarangan BBM bersubsidi bagi kendaraan 2.000 cc ke atas itu akan diatur dalam bentuk peraturan presiden (Perpres).