SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin usai meresmikan UIN Corner di depan Rektorat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Selasa (8/8/2017). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Alumni UIN diminta menegakkan Pancasila.

Harianjogja.com, SLEMAN— Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja mewisuda 1.150 orang wisudawan dalam prosesi rapat senat terbuka di Gedung Amin Abdullah pada Rabu (15/11/2017) dan Kamis (16/11/2017). Rektor mengingatkan kepada para wisudawan dan alumni untuk menjaga dan mengamalkan nilai Pancasila.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja Prof. Yudian Wahyudi menyatakan, nilai luhur Pancasila yang telah dirumuskan para pendiri bangsa harus diresapi sebagai ideologi netral sehingga dapat mengayomi keragaman Indonesia. UIN Sunan Kalijaga bertekad membarakan lagi semangat Pancasila kepada seluruh civitas academica agar bisa menjadi generasi bangsa yang bersih dan berwibawa dalam melaksanakan pembangunan dan pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami berkomitmen melahirkan alumni-alumni yang senantiasa turut menjaga tetap tegaknya Pancasila dan NKRI,” terangnya dalam rilis kepada Harianjogja.com, Rabu (15/11/2017).

Di hadapan wisudawan dan wali wisudawan, Yudian menyampaikan berbagai agenda yang dilakukan UIN berkaitan dengan upaya menagakkan nilai Pancasila.  Seperti, dialog implementasi pancasila, anti radikalisme, sosialisasi Perppu No.2/2017 tentang organisasi masyarakat, hingga mengikuti deklarasi kebangsaan dan pernyataan sikap kesetiaan kepada Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang digagas Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Tapal Batas RI-Papua Nugini.

“Semangat ini digelorakan dalam rangka menciptakan kesejahteraan dan keadilan, meneguhkan persatuan dalam keragaman suku, budaya, agama. Mempererat ikatan untuk saling menghargai, menjaga toleransi dan saling menguatkan tali persaudaraan sebagai satu bangsa,” tegasnya.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Maskul Haji menyampaikan wisuda periode pertama ini dilaksanakan dua kali, yaitu  623 orang diwisuda pada Rabu (15/11/2017) dan 527 orang  pada hari Kamis (16/11/2017). Dengan rincian, 20 orang lulus D3, 898 lulus Sarjana (S1), 219 orang lulus Program Magister (S2), 13 orang lulus Program Doktor (S3). Hingga periode ini, jumlah alumni UIN Sunan Kalijaga 56.165 orang, 569 diantaranya bergelar Doktor, 4.798 orang bergelar Magister.

“Ada 13 orang berhasil lulus dengan predikat terbaik dan tercepat. Dari total jumlah wisudawan, 54,86% berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Ini prestasi yang membanggakan,” kata Maskul Haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya