Tutup Iklan

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

 Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 Mahasiswa ISI Surakarta pada Jumat (15/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 Mahasiswa ISI Surakarta pada Jumat (15/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Rektor ISI Surakarta yang baru dilantik 5 Oktober 2021 itu juga menyampaikan selamat kepada para lulusan. Ratusan wisudawan tersebut telah berhasil lulus dan diwisuda.

Acara wisuda di Pendapa GPH Joyokusumo ISI Surakarta dibuka dengan tari sesaji. Pelaksanaan wisuda kali ini masih dilaksanakan secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Official ISI Surakarta.

Baca Juga : Hebat! Film Karya Pelajar Klaten Masuk Nominasi Film Pendek Terbaik FFI

Sebanyak 63 wisudawan periode II tahun 2021 dari lulusan program sarjana, magister, dan doktor ISI Surakarta ini memperoleh predikat kelulusan dengan pujian atau cumlaude. Mereka memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata di atas 3,62 dengan masa studi maksimal 9 semester untuk program sarjana.

Untuk program magister, wisudawan bisa menyandang predikat kelulusan dengan pujian apabila mendapatkan IPK rata-rata di atas 3,91 dengan masa studi maksimal 6 semester. Syarat yang sama untuk program doktor, tetapi masa studi maksimal 9 semester.

Pada wisuda kali ini terdapat 7 orang wisudawan Program Studi di Luar Domisili (PDD) ISI Surakarta, Embrio ISBI Sulawesi Selatan. Sebanyak 7 orang wisudawan itu 3 orang wisudawan Program Studi Teater, 1 orang wisudawan Program Studi Desain Interior, dan 3 orang wisudawan Program Studi Film dan Televisi.

Baca Juga : Solo Keroncong Festival untuk Anak Muda Siap Digelar, Catat Tanggalnya!

I Nyoman Sukerna menyampaikan sejumlah pesan kepada wisudawan. Wisudawan diminta lebih fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, dia berharap lulusan ISI Surakarta menjadi pribadi profesional, adaptif, dan unggul.

Rektor ISI Surakarta juga mengingatkan wisudawan bahwa kesuksesan wisudawan buah kerja keras dan dukungan orang tua. Oleh karena itu, dia berharap wisudawan senantiasa menghormati dan berbakti kepada orang tua.

Rasa hormat yang sama, lanjut I Nyoman Sukerna, juga perlu diberikan kepada guru yang menopang kesuksesan. Para wisudawan diharapkan mampu menjadikan kesuksesan akademik sebagai pijakan meraih kesuksesan selanjutnya.

Baca Juga : Kisah Stik Sukun Pertama di Klaten, Pernah Tembus ke Taiwan & Australia

“ISI Surakarta bersyukur atas prestasi yang saudara-saudara capai dalam studi sehingga berhasil meraih gelar tersebut. Saya bangga melepas saudara-saudara untuk mengabdikan ilmu, kreativitas, dan potensi yang saudara miliki kepada masyarakat. Berkarya untuk perkembangan seni dan budaya,” kata Rektor ISI Surakarta saat memberikan pidato.

Dia berharap lulusan ISI Surakarta mampu berkarya di wilayah profesional masing-masing. “Tentunya dengan tetap menjaga spirit dan etika. Siap berkarya di berbagai bidang profesi dengan kedalaman keilmuan dan keahlian, penuh integritas. Namun tetap melekat dengan akar identitas moral sebagai seorang akademisi. Mari songsong dunia nyata, hidup, bekerja, dan berkarya di tengah-tengah masyarakat.“


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

Sembilan orang remaja, dua di antaranya perempuan, digerebek Satpol PP Sukoharjo saat pesta miras di perempatan tengah sawah Desa Sidorejo, Bendosari.

Simpang 4 Jombor Klaten Rawan Kecelakaan, Warga Usul Ada Traffic Light

Warga mengusulkan adanya traffic light karena di persimpangan Jombor, Ceper, Klaten, di jalan Solo-Jogja kerap terjadi kecelakaan.

Tertabrak Pemotor, Pensiunan PNS Meninggal di Jombor Klaten

Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah kecelakaan di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Minggu (28/11/2021).

Gory Si Anjing Teman Sukarelawan Gunung Lawu, Unyu Deh

Kisah unik kali ini tentang Gory, si anjing yang menjadi teman sukarelawan pendakian Gunung Lawu.

Asyik... Ada Pasar Kuliner di Candi Cetho Karanganyar

Aneka kuliner tradisional dijajakan di pasar budaya Gumeng yang digelar di Puri Taman Saraswati kompleks Candi Cetho.

Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

Para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Lawu diwajibkan memakai sepatu untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Asale situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, ternyata dulunya merupakan lautan.

Legenda Balung Buto di Sangiran Sragen: Peperangan Manusia vs Raksasa

Objek wisata Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, menyimpan berbagai sejarah, salah satunya legenda balung buto.

Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

Area parkiran mewah di objek wisata WGM Wonogiri mampu menampung 200 unit mobil dan 500 unit kendaraan.

Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri yang super mewah memiliki view teras pantai yang indah.

Mewah! Parkiran WGM Wonogiri Seharga Rp10,9 Miliar, Ini Wujudnya

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri dibangun super mewah dengan anggaran Rp10,9 miliar.

Puluhan Tahun Bermasalah, Penyertifikatan Pasar Krisak Wonogiri Rampung

Proses penyertifikatan lahan Pasar Krisak, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri akhirnya rampung setelah puluhan tahun menjadi masalah.

Tim Gabungan Sukoharjo Patroli Prokes Sembari Bagi-Bagi Masker

Tim gabungan di Kecamatan Sukoharjo tetap rajin melakukan patroli penegakan protokol kesehatan.

Festival Bocah Dolanan 2021 Ajak Anak Kekinian Kenal Dolanan Dakon

Sebanyak 30-an permainan anak tradisional, seperti dakon dan lompat tali, dipentaskan pada FBD 2021 di Rumah Kebudayaan nDalem Djojokoesoeman, Sabtu-Minggu (27-28/11/2021).

Proyek Jembatan Jonasan Jebres Solo Molor, Begini Reaksi Anggota DPRD

Proyek pembangunan Jembatan Jonasan di Jl. Juanda Jebres, Solo, hampir dipastikan tak rampung sesuai jadwal, yaitu Selasa (30/11/2021) sehingga memicu reaksi anggota DPRD Solo.