Rektor Dorong Lulusan Unissula Ciptakan Lapangan Kerja
Rektor Unissula Prabowo Setiyawan. (unissula.ac.id)

Semarangpos.com, SEMARANG — Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Prabowo Setiyawan mengingatkan lulusan perguruan tingginya tentang perlunya menciptakan lapangan kerja. "Wisuda bukan berarti selesai. Banyak kampus kehidupan di luar sana. Tantangan ke depan sangatlah beragam," katanya seusai wisuda ke-76 Unissula Semarang di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/10/2018).

Diakuinya, pengangguran terdidik, seperti lulusan yang dihasilkan perguruan tinggi sekarang ini cenderung meningkat, sebab lapangan pekerjaan yang tersedia saat ini masih kurang. Menurut dia, lulusan harus memiliki kompetensi, pengetahuan, kemampuan atau "skill", kemampuan berdisiplin, tepat waktu, dan sebagainya agar bisa bertahan seiring kompetisi dunia kerja.

"Yang terpenting, ditambah takwa kepada Allah. Kami juga menciptakan lulusan yang tidak bergantung pada peluang kerja saja, tetapi sebagai entreprenuer, menciptakan peluang kerja," katanya.

Pendidikan yang dikembangkan sekarang ini, kata Prabowo, harus berorientasi kepada kewirausahaan seiring dengan kompetisi dunia kerja yang kian ketat dan globalisme. Selain itu, kata dia, Unissula telah menerapkan penomoran pin ijazah nasional sehingga lulusan bisa langsung mengecek keabsahannya secara "online", termasuk legalisir.

Pada wisuda ke-76, Unissula melepas sebanyak 1.637 lulusan yang berasal dari 11 fakultas, mulai program diploma tiga (D-3), sarjana (S-1), magister (S-2), hingga S-3. Dari ribuan wisudawan itu, terdapat sosok Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan Misbah yang turut diwisuda sebagai lulusan Magister Ilmu Hukum Unissula Semarang.

Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah itu hadir dalam upacara wisuda yang berlangsung di Auditorium Unissula Semarang didampingi oleh keluarganya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom