Kategori: Solo

Rektor dan Rombongan UNS Solo di Acara Kemenparekraf di Hotel Negatif Covid-19


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO -- Satu pimpinan Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo yang terkonfirmasi Covid-19 bukan bagian rombongan yang ikut pertemuan dengan Kemenparekraf.

Pada pertemuan dengan pegawai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di sebuah hotel di Solo, pertengahan Juli 2020, itu rektor UNS hadir bersama sejumlah pejabat kampus.

Terkait keikutsertaannya, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan dirinya negatif Covid-19. Jamal sudah melakukan uji swab. “Alhamdulilah saya dengan rekan pimpinan UNS dinyatakan negatif Covid-19 setelah melakukan uji swab,” ujar Jamal kepada wartawan dalam jumpa pers daring, Selasa (21/7/2020).

Berapa Harga Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Indonesia?

Jamal menceritakan pekan lalu ia menghadiri acara workshop kerja antara UNS Solo dan Kemenparekraf. Sepulang dari acara tersebut Jamal dan para pejabat UNS Solo kembali dan beraktivitas seperti biasa di kampus.

Selanjutnya, ia mendapat informasi bahwa delapan orang dari Kemeparekraf tersebut terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang mereka ikuti sebelumnya.

Atas informasi tersebut, Jamal dan pejabat UNS Solo peserta pertemuan menjalani uji swab untuk memastikan kemungkinan paparan Covid-19.

1 Pimpinan UNS Solo Terkonfirmasi Covid-19, Kampus Lockdown

Hasil Uji Swab Rombongan Negatif

“Kami langsung konsolidasi dengan teman-tema yang ikut ke hotel itu untuk segera uji swab dan alhamdulilah hasilnya semua negatif Covid-19,” imbuh dia.

Namun pada Minggu (19/7/2020), seorang pimpinan UNS lain justru dinyatakan positif Covid-19. Atas dasar temuan itu, Rektor UNS Solo tersebut langsung memberlakukan lockdown kampus sejak Senin.

Ini daftar 32 Area Pemancingan Paling Top Markotop di WGM Wonogiri

“Jadi salah satu pimpinan ini [yang terkonfirmasi Covid-19] bukan termasuk rombongan UNS yang ke hotel/acara Kemenparekraf. Sementara ini belum diketahui kemungkinan lokasi pemaparnya,” kata Jamal.

Diberitakan sebelumnya, Rektor UNS Solo itu memastikan keluarga seorang pimpinan UNS Solo yang terkonfirmasi Covid-19 sudah diperiksa. Hasil pemeriksaan menggunakan uji swab menunjukkan hasil negatif Covid-19.

“Istri, anak, dan sopir juga sudah diuji swab dan hasilnya negatif. Tapi ada satu anaknya belum diketahui hasilnya karena uji swab-nya di luar kota,” jelas Jamal.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum