SOLOPOS.COM - Ilustrasi BUMN (setkab.go.id)

Solopos.com, SOLO — Kabar gembira bagi para job seekers atau pencari kerja karena Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka rekrutmen tenaga kerja batch atau gelombang 2.

Disebutkan, lebih dari 30 BUMN melakukan rekrutmen bersama. Pendaftaran online rekrutmen bersama BUMN dibuka 1-7 Desember 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk mengikuti rekrutmen bersama BUMN ini, ada beberapa hal yang perlu diikuti. Pertama, pelamar hanya dapat melamar melalui situs resmi BUMN.

“Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran,” dikutip dari laman resmi BUMN, Jumat (1/12/2022).

Selanjutnya, pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

Baca Juga: Holding BUMN Danareksa Jadi One Stop Solution

Ketiga, tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar. Jadi, pastikan mengisi data dengan benar.

Nah, bagi yang tertarik ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti perekrutan tenaga kerja BUMN ini.

Berikut dokumen-dokumen yang perlu disiapkan:
– Foto profil (wajib)
– KTP (wajib)
– Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (wajib)
– Transkrip nilai (wajib)
– SKCK (jika ada)
– Dokumen lainnya, termasuk sertifikat pelatihan, sertifikat Bahasa Inggris, dan lainnya (jika ada)
– Surat rekomendasi atau Template surat rekomendasi pernah bekerja hanya sebagai referensi. Template bisa diunduh di laman resmi BUMN.

Baca Juga: Holding Danareksa Kembangkan Balai Pustaka Jadi Perusahaan Lisensi di Indonesia

Sebaiknya, siapkan dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk dua pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

Adapun alur pendaftaran rekrutmen BUMN terbagi jadi empat tahapan. Tahap pertama pendaftaran online yang dibuka pada 1-7 Desember 2022.

Tahap kedua adalah online test, yang mencakup tes kompetensi dasar dan akhlak. Jadwal tahap 2 adalah 21-28 Desember 2022. Tahap ketiga adalah online tes tahap dua, mencakup kemampuan bahasa Inggris.

Tahap keempat adalah Tes Kompetensi Bidang (TKB), wawancara, dan Medical Check Up (MCU) pada 20 Januari – 28 Januari 2023. Detail pelaksanaan tahap ini dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Pengumuman final calon pegawai BUMN dilakukan pada bulan Januari. Sementara inagurasi atau pengukuhan rekrutmen bersama BUMN adalah pada 31 Januari 2023. Selamat mendaftar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya