SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Proses fit and proper test calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar akan digelar pada pertengahan November mendatang.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, mengatakan jadwal uji kepatutan dan kelayakan bagi calon anggota KPU Karanganyar memang lebih lambat dibandingkan dengan daerah lain. Sebelumnya, KPU Jateng telah mengumumkan posisi lima besar calon anggota KPU di 31 kabupaten/kota lainnya pada Rabu (23/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih ada lima kabupaten/kota yang belum digelar fit and proper test, yakni Karanganyar, Magelang, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal,” terang Joko saat dihubungi Solopos.com, Kamis (24/10/2013).

Hingga saat ini, KPU Jateng belum menentukan jadwal fit and proper test bagi empat kabupaten/kota itu. Namun, tes tahap terakhir untuk menentukan lima orang anggota KPU di tiap wilayah itu dipastikan bakal di gelar pada medio November.

“Belum ada kami jadwalkan, soalnya kami masih repot mengurus DPT [daftar pemilih tetap] untuk Pemilu 2014,” kata Joko.

Joko menampik anggapan bahwa penundaan fit and proper test terkait dengan serentetan persoalan seleksi calon anggota KPU di Bumi Intan Pari.

“Enggak ada hubungannya dengan itu, kan SE [Surat Edaran KPU Pusat Nomor 405 Tahun 2013] sudah turun jadi fit and proper test tetap jalan terus untuk sembilan orang calon anggota KPU yang lolos,” jelasnya.

Menurut Joko, uji kepatutan dan kelayakan di empat kabupaten/kota itu sengaja digelar belakang karena masa jabatan anggota KPU baru berakhir pada 24 Desember mendatang. Selain itu, komisioner KPU di Karanganyar, Magelang, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal juga baru usai merampungkan tugas penyelenggaraan Pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya