SOLOPOS.COM - Eintracht Frankfurt keluar sebagai juara Liga Europa musim 2021/2022. (Twitter/EuropaLEague)

Solopos.com, SEVILLA – Eintracht Frankfurt asal Jerman keluar sebagai juara Liga Europa musim 2021/2022 setelah di partai final pada Kamis (19/5/2022) dini hari WIB mengalahkan wakil Skotlandia, Rangers.

Pada laga puncak yang digelar di Ramon Sanchez Pizjuan, Spanyol itu Eintracht Frankfurt menang dengan skor 5-4 lewat drama adu tendangan penalti setelah babak reguler plus tambahan waktu skor imbang 1-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laga seru final Liga Europa tersebut disaksikan 38.842 penonton dari kedua tim. Mereka memadati tribune stadion. Pendukung Rangers mengenakan atribut biru, sementara suporter Frankfurt mengenakan atribut putih-putih.

Meski dianggap sebagai kasta kedua turnamen sepak bola terbesar di Eropa, partai final Liga Europa yang dulunya bernama UEFA Cup, tetap mampu menyedot jumlah penonton tak sedikit.

Baca Juga: Liverpool Kembali Buka Peluang Cetak Quadruple, Begini Hitungannya

Berikut ini rekor jumlah penonton yang menyaksikan partai final Liga Europa (UEFA Cup) sejak berformat dua putaran (leg) hingga sekarang memakai format satu pertandingan, dikutip dari berbagai sumber:

Rekor penonton final Liga Europa masih dipegang saat format dua putaran. Rekor penonton tertinggi terjadi saat duel Real Madrid (Spanyol) melawan Videoton (Hongaria), pada musim 1984/1985, di Santiago Bernabeu, Spanyol.

Baca Juga: Siap-Siap, Persis Solo Segera Jaring Talenta Muda

Laga leg II final tersebut disaksikan 90.000 penonton, sementara itu laga leg I di Hongaria hanya disaksikan 30.00 penonton.

Rekor penonton terbanyak kedua pada final Liga Europa terjadi pada musim 1978/1979. Saat Borussia Monchengladbach, Jerman Barat menghadapi Red Star Belgrade, Yugoslavia, di Stadion Crvena Zvezda, Yugoslavia, dan disaksikan 87.000 penonton

Selanjutnya, Real Madrid mencetak rekor penonton final Liga Europa. Pada musim 1985/1986, Real Madrid menghadapi FC Koln (Jerman Barat) di Santiago Bernabeu, Spanyol, yang disaksikan 85.000 penonton.

Baca Juga: SEA Games: Momen Haru Odekta Naibaho Sabet Emas Lari Marathon Putri 

Sementara itu, di era format pertandingan tunggal untuk final Liga Europa, rekor jumlah penonton terbanyak terjadi pada musim 1998/1999.

Saat itu, Parma (Italia) bertemu Marseille (Prancis) di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, dengan jumlah penonton mencapai 61.000 orang.

Duel Atletico Madrid (Spanyol) versus Marseille (Prancis) pada musim 2017/2018 di Prancis, juga disaksikan penonton cukup banyak, tetapi masih kalah dari Parma vs Marseille. Laga Atletico vs Marseille itu disaksikan 55.768 penonton.

Baca Juga: Jelang Thailand vs Indonesia, STY: SEA Games Beda dengan Piala AFF

Sedangkan pertandingan final Liga Europa antara FC Porto, Portugal melawan Celtic, Skotlandia, di Stadion Olimpico de Sevilla, Spanyol, pada musim 2002/2003, disaksikan 52.972 penonton. Duel itu menempati urutan ketiga dalam hal terbanyak jumlah penonton untuk laga final Liga Europa pada era format pertandigan tunggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya