SOLOPOS.COM - Curug Silintang. (Dinporapar.purbalinggakab.go.id)

Solopos.com, PURBALINGGA — Dikenal sebagai daerah asal sederet pahlawan nasional, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah (Jateng), rupanya kaya akan potensi wisata alam. Berikut rekomendasi tempat wisata yang layak dikunjungi saat singgah di Purbalingga.

Purbalingga selama ini dikenal dengan julukan Kota Perwira. Hal itu dikarenakan daerah ini merupakan tempat lahir sejumlah pejuang atau pahlawan nasional seperti Jenderal Soedirman.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Selain itu kota ini terkenal akan industrinya yang mendunia seperti bulu mata palsu maupun rambut palsu atau wig, yang cukup maju dan memiliki pasar besar di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Asia. Selain industri di bidang kecantikan, Purbalingga juga terkenal akan industri di bidang otomotif yakni pembuatan knalpot.

Namun, tidak hanya menyajikan industri yang maju, Purbalingga juga memiliki beberapa tempat wisata yang layak mendapat rekomendasi untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Purbalingga yang wajib dikunjungi:

1. Goa Lawa
Goa Lawa juga dikenal dengan sebutan Golaga yang merupakan singkatan dari Goa Lawa Purbalingga. Golaga merupakan salah satu wisata Purbalingga yang paling populer. Fasilitas Golaga sangat lengkap, meski di dalam gua terdapat fasilitas kafe. Pengunjung Goa Lawa bisa menikmati minuman panas di dalam gua dan akan menjadi perasaan yang spesial. Apalagi warna-warni lampu berpadu dengan indahnya bebatuan alami gua membuat Purbalingga menjadi tempat yang memiliki banyak spot instagramable.

Lokasi: Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

rekomendasi wisata purbalingga
Goa Lawa Purbalingga atau Golaga. (Diskominfo.purbalinggakab.go.id)

2. Curug Silintang

Ada yang mengatakan kawasan Kabupaten Purbalingga merupakan surganya air terjun yang indah. Salah satunya adalah Curug Silintang yang tingginya mencapai 75 meter. Curug Silintang terletak di Desa Tlahab, sekitar 19 kilometer dari pusat kota Purbalingga.

Dari kejauhan sudah terlihat keindahan Air Terjun Silintang dan pemandangan alamnya yang sangat indah. Setelah beberapa menit berjalan dan berkendara melewati perkebunan dan bebatuan, wisatawan akan sampai di salah satu wisata Purbalingga yang sangat indah ini. Keindahan alam yang bisa dinikmati di sini bukan hanya keindahan air terjunnya, tapi juga pemandangan pegunungan dan persawahan dari ketinggian. Jika beruntung, juga bisa merasakan pesona seru yang sama seperti pelangi yang kerap muncul di antara celah-celah bebatuan di air terjun.

Lokasi: Desa Tlahab Lor, Kutabawa, Karangreja, Pisang Bali, Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

3. Situs Batu Tulis

Rekomendasi Wisata Purbalingga
Situs Batu Tulis Purbalingga. (jatengprov.go.id)

Tempat wisata selanjutnya yang layak mendapat rekomendasi untuk dikunjungi di Purbalingga adalah Situs Batu Tulis. Beberapa peninggalan leluhur seperti situs batu tulis dan patung batu di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet. Patung Batu yang melambangkan alat reproduksi pria dan wanita dikenal dengan nama Lingga dan Yoni ini terletak di Desa Kedungbenga, Kecamatan Kemangkon, bersama dengan banyak situs sejarah lainnya berupa arca batu dan prasasti.

Lokasi: Dusun 5, Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

4. Puncak Sandaren

Purbalingga secara alami dikenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak tempat wisata alam yang indah di setiap sudut kawasan. Dimulai dari wisata alam seperti air terjun, pegunungan dan perbukitan, wisata Purbalingga menawarkan banyak pilihan. Puncak Sandaren merupakan salah satu wisata Purbalingga yang paling banyak diminati saat ini dan layak mendapat rekomendasi untuk dikunjungi.

Puncak Sandaren menawarkan pemandangan keindahan alam Purbalingga yang menakjubkan. Di sini wisatawan bisa mengagumi keindahan alam dan perbukitan hijau Purbalingga, serta suasana lebih tenang dengan semilir angin. Jembatan di atas awan di Sandaren wajib menjadi tempat untuk berfoto.

Lokasi: Jalan. Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

5. Taman Bunga Kutabawa

Bagi yang menyukai bunga dan warna-warni bunga bisa mengunjungi salah satu wisata di Purbalingga ini. Taman Bunga Kutabawa menawarkan pemandangan taman yang luas dan berwarna-warni. Bunga dengan berbagai warna juga tersedia untuk menghiasi seluruh taman. Di tempat yang sejuk dan menyegarkan, wisatawan bisa menikmati taman ini hingga puas berfoto atau mengagumi bunga dan keindahan alam di sana.

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya