SOLOPOS.COM - Keindahan lampu di Karanganyar bisa dinikmati dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pergantian tahun dari 2022 ke 2023 tinggal menghitung hari. Sebagian orang ingin menghabiskan malam pergantian tahun dengan berwisata di seputaran kota. Namun banyak pulang yang sudah menghabiskan malam Tahun Baru di alam terbuka seperti dengan mendaki gunung atau sekedar berkemah cantik alias ngecamp tipis-tipis.

Kalau Anda termasuk kalangan yang suka menghabiskan malam Tahun Baru di alam terbuka dan ingi ngecamp, Solopos.com memiliki sederet destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar yang bisa kalian datangi. Berikut ini daftarnya:

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

1. Camping Ground Berjo

tambak Camping Ground desa Berjo Ngargoyoso karanganyar
Pengunjung menikmati pemandangan alam dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Selain memiliki Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda, Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar kini juga punya bumi perkemahan atau camping ground. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Tambak.

Areanya lumayan luas, yakni sekitar 1 hektare dan bisa muat 100 tenda. Oleh karenanya bisa digunakan untuk kemah ramai-ramai dalam suatu kegiatan kelompok atau instansi.

Seperti bumi perkemahan lain, di sini juga sudah ada fasilitas kamar mandi dan penerangan yang memadai. Saluran listrik yang disediakan juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kemah dan menghidupkan peranti kelistrikan lainnya. Terutama mengisi daya baterai ponsel.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pelaku Usaha Wisata Karanganyar Diminta Laporkan Event ke Polisi

Salah satu yang menjadi daya tarik dari camping ground ini adalah pemandangannya. Dari bumi perkemahan di ketinggian 1.180 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, pengunjung bisa menyaksikan hamparan tanaman hijau yang luas.

Di malam hari, pengunjung bisa melihat keindahan lampu rumah-rumah penduduk atau lampu kota di wilayah Karanganyar, Solo, dan sekitarnya. Tentu, pemandangan ini bisa dilihat ketika cuaca cerah.

Bumi perkemahan ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari pusat kota Karanganyar ke arah timur. Sebagian jalan menuju lokasi sudah beraspal dan sebagian lagi merupakan jalan cor. Ada sedikit bagian yang masih berupa tanah namun kendaraan roda empat, apalagi roda dua, bisa sampai di lokasi bumi perkemahan tanpa harus parkir di tempat lain.

Pada hari biasa, pengunjung cukup membayar Rp15.000/malam, itu sudah termasuk parkir kendaraan. Namun di momen liburan Natal dan Tahun Baru 2023 nanti, kemungkinan harganya naik. Bagi yang tak punya tenda, pengelola Camping Ground Berjo juga menyediakan tenda sewaan. Pada hari biasa biaya sewa tenda kapasitas 4 orang  Rp70.000 termasuk matar. Namun kemungkinan harganya naik saat musim liburan.

2. Tawangmangu Wonder Park

Member Toyota Rush di Tawangmangu
Komunitas TRCI wilayah 3J menggelar kopi darat di Wonderpark Tawangmangu, Karanganyar pada 29-30 Oktober lalu. (Istimewa/Dokumentasi Panitia)

Bagi yang ingin berkemah dengan suasana yang nyaman dan aman tanpa repot, Tawangmangu Wonder Park di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, menjadi pilihan tepat.

Destinasi wisata ini menyediakan lahan yang luas sehingga pengunjung bisa memilih titik-titik yang disukai untuk mendirikan tenda. Fasilitas mulai dari sumber air, sumber listrik, hingga kamar mandi tersedia di sini. Sehingga pengunjung tak perlu risau untuk mendapatkan kebutuhan berkemah mereka.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, pengelola mempersilakan pengunjung masuk ke area perkemahan. Sehingga pengunjung tak perlu repot-repot mengangkut perlengkapan perkemahan. Cukup mendirikan tenda di samping mobil atau menyeting mobil kemahnya di dalam area.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang dan tidak membawa perlengkapan, berkemah tetap bisa dilakukan di Wonder Park. Pengelola menyediakan persewaan perlengkapan berkemah seperti tenda, selimut, bantal, dan lainnya.

Di sisi lain, bagi yang tidak ingin berkemah, pengunjung dapat menggunakan Tawangmangu Wonder Park ini untuk bersantai di bersama keluarga, saudara, atau kolega. Di siang hari, pohon-pohon rindang di area tersebut siap menjadi peneduh. Sebagian pengunjung membawa peralatan memasak sederhana untuk memanaskan makanan dari rumah yang akan mereka nikmati di sana.

Baca Juga: Diresmikan, Agrowisata & Waterpark Tunggulrejo Karanganyar Diserbu Pengunjung

Wonder Park juga menjadi tempat menyenangkan bagi anak-anak. Pengelola menyediakan fasilitas permainan ayunan ombak, rumah-rumahan, kolam renang, dan sebagainya. Bagi anak-anak yang ingin menikmati sensasi petualangan ringan, anak-anak dapat menyewa all terrain vehicle (ATV) dan berkuda.

Di Wonder Park juga ada area labirin cukup luas yang dibuat dari pepohonan tertentu. Pengunjung dapat merasakan keseruan saat menyusuri jalan-jalan buntu untuk mencari satu jalan keluar. Keasikan wahana ini bisa dipantau oleh teman-temannya dari jalan layang yang terbuat dari kayu, yang mengelilingi labirin tersebut. Dari jalan layang ini pula pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan yang hijau di kejauhan.

3. Glamping Watu Gambir

glamping anyar Karangpandan karangnyar
Lokasi glamping anyar di di kawasan wisata Watu Gambir, Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. (Istimewa/Pemdes Karang)

Pemerintah Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, kini punya lokasi glamping anyar di kawasan wisata Watu Gambir. Penginapan kekinian tersebut sudah bisa dipesan untuk malam Tahun Baru 2023.

Bangunan berukuran 5 x 8 meter tersebut berbentuk cukup unik, yakni segitiga seperti tenda pramuka. Di dalamnya ada fasilitas tempat tidur besar untuk dua orang dan bisa ditambah ekstra kasur untuk anggota keluarga. Ada pula dapur dan kamar mandi dengan air panas. Tak ketinggalan, kamar ini juga dilengkapi televisi sebagai sarana hiburan.

Daya tarik glamping di Watu Gambir ini adalah pemandangan danau di depannya yang aduhai. Glamping ini bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun selain di wilayah Tawangmangu atau Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Wisata Jip di Kecamatan Jatiyoso Karanganyar

Kepala Desa Karang, Dwi Purwoto, mengatakan saat ini pihaknya baru membangun dua unit glamping. “Sementara ini baru ada dua unit dan sudah bisa dipesan untuk malam tahun baru. Sementara tarifnya Rp500.000 per malam,” ujarnya, Rabu (30/11/2022).

Pemesanan bisa dilakukan melalui BUMDes Karang sebagai Pengelola nya. “Glamping ini dibangun oleh desa dan selanjutnya dikelola BUMDes,” imbuhnya.



 

4. Bukit Mongkrang

gunung bukit mongkrang
Bukit Mongkrang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. (Instagram/@bukitmongkrang.2194mdpl)

Rekomendasi terakhir dari tempat ngecamp di Tahun Baru 2023 ini khusus bagi yang mau sedikit repot dan capai. Pasalnya, Lokasinya bukan lagi di kaki, namun sudah sampai dadanya Gunung Lawu.

Bukit Mongkrang bisa dibilang destinasi wisata minat khusus karena tidak semua orang bisa ke sana. Kebanyakan yang datang adalah pecinta alam atau orang yang gemar mendaki. Pasalnya, untuk mencapai Bukit Mongkrang memang dibutuhkan usaha lebih seperti mendaki gunung, karena memang lokasinya cukup tinggi dengan melewati jalur pendakian.

Namun, begitu sudah sampai, segala usaha yang kita lakukan akan terbayar dengan keindahan alam yang bisa kita nikmati seharian. Betapa tidak, berada di ketinggian sekitar 2.194 mdpl, Bukit Mongkrang menawarkan hawa sejuk dibalut keindahan alamnya akan membuat siapa pun takjub.

 

Bukit Mongkrang berlokasi di Tlogo Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Rute perjalanan paling mudah ditempuh dari arah Karanganyar maupun Matesih.

Baca Juga: Nikmatnya Sate Sehat Tanpa Lemak di Tawangmangu

Selanjutnya Anda bisa menempuh perjalanan hingga ke pos pendakian Gunung Lawu di Cemara Kandang. Butuh waktu sekitar satu jam mendaki ke puncak Bukit Mongkrang Kaaranganyar dari Cemara Kandang.

Tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp10.000/orang. Jika ingin berkemah, maka harga tiketnya sebesar Rp15.000/orang. Itu dalam kondisi normal.

Jika Anda memiliki rencana berkemah di sana, pastikan membawa perlengkapan sendiri demi menjaga kebersihan. Selain itu jangan membuat api unggun maupun membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi bukit yang diselimuti ilalang itu membuatnya rawan terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya