SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Analis memberikan rekomendasi saham 7 Juli untuk sejumlah saham dari berbagai sektor, di antaranya pertambangan dan perdagangan.

Saham sektor pertambangan yang masuk rekomendasi antara lain PT Vale Indonesia (INCO), PT Bukit Asam (PRBA), dan PT Aneka Tambang (ANTM). Rekomendasi saham 7 Juli untuk saham sektor perdagangan diberikan kepada PT AKR Corporindo (AKRA) dan PT Ace Hardware Indonesia (ACES).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, penguatan indeks harga saham gabungan atau IHSG yang terjadi Senin (6/7/2020) diyakini dapat berlanjut pada perdagangan hari ini, Selasa (7/7/2020).

Sempat Ditawar Raffi Ahmad, Rumah Anang Hermansyah di Cinere Laku Rp35 Miliar

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan secara teknikal pergerakan IHSG terkonsolidasi positif pada pola bullish trendline. Pergerakan saat ini semakin mendekati level resisten psikologis 5.000.

Sementara itu, indikator stochastic tampak menguat begitu optimistis untuk mendekati area overbought. Namun, pergerakan ke atas masih cukup melebar. Lanjar juga menilai pola divergen terlihat pada MACD line dan histogram memberikan sinyal yang cukup positif.

“Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak melanjutkan penguatan dengan support resistance 4.950- 5.135,” ujar Lanjar seperti dikutip Bisnis.com dari publikasi risetnya, Selasa.

Siap-Siap! Kamis 9 Juli Ada Pemadaman Listrik PLN Surakarta, Ini Wilayah Yang Kena

Untuk rekomendasi saham 7 Juli, Lanjar menyebut saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal antara lain saham ACES, AKRA, ANTM, PT HM Sampoerna (HMSP), INCO, PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), PT Lippo Karawaci (LPKR), PTBA, PT Sarana Menara Nusantara (TOWR).

IHSG Juga Berpotensi Melemah Selasa Ini

Di sisi lain, analis lainnya menilai IHSG punya potensi berbalik melemah pada perdagangan Selasa. Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support dan resisten memiliki kisaran level 4.865,27 hingga 5.097,14.

Berdasarkan indikator, MACD sesungguhnya masih membentuk pola dead cross di area positif. Namun, indikator stochastic dan RSI bergerak ke atas menuju ke area overbought.

Bukan Layar Lipat, LG Bikin Smartphone Layar Gulung

“Terlihat pola shooting star candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG,” ujar Nafan seperti dikutip dari publikasi riset hariannya, Selasa.

Binaartha Sekuritas memberi rekomendasi saham 7 Juli untuk saham-saham berikut:

PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) dengan rekomendasi sell on strength pada area Rp8.800–Rp9.000. Selanjutnya, ACES rekomendasi akumulasi beli pada area level Rp1.450–Rp1.490 dan target harga secara bertahap di level Rp1.550, Rp1.700, dan Rp1.850.

Dikotomi Warga Solo Lor dan Kidul Ternyata Juga Menyangkut Urusan Jodoh, Begini Ceritanya

PT Alam Sutera Realty Tbk. (ASRI) akumulasi beli pada level Rp125–Rp130, dengan target harga Rp136, Rp144, Rp164, dan Rp182. PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) rekomendasi akumulasi beli pada area level Rp46.500-Rp46.800, dengan target harga Rp48.700 dan Rp66.125.

Rekomendasi saham 7 Juli berikutnya berikutnya adalah saham mal PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) dengan akumulasi beli di level Rp1.470–Rp1.490. Target harga LPPF secara bertahap di level Rp1.560, Rp1.670, Rp1.930, dan Rp2.190.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) akumulasi beli pada area Rp1.180-Rp1.200, dengan target harga Rp1.320, Rp1.570, dan Rp1.820.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya