Tutup Iklan
Rekomendasi Saham 29 Juni, Saham Berikut Layak Dicermati
Bursa Efek Indonesia (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA -- Analis memberikan rekomendasi saham 29 Juni. Beberapa saham layak dicermati, di antaranya saham sektor telekomunikasi dan industri media.

Artha Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi saham 29 Juni tahan atau hold untuk saham industri media PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA) dan PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM). Selain itu, speculative buy untuk saham sektor properti PT Pembangunan Perumahan (PTPP).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menutup akhir pekan lalu dengan naik 0,15 persen atau 7,36 poin ke level 4.904,08. Kapitalisasi pasar tercatat senilai Rp5.694,46 triliun.

Asyik! Naik Bus BST di Solo Gratis Mulai Juli Hingga Akhir Tahun

Faktor meningkatnya kasus gelombang kedua Covid-19 di sejumlah negara menjadi penekan bursa saham global tidak terkecuali Indonesia. Selain itu, proyeksi Dana Moneter Internasional (IMF) terkait resesi yang jauh lebih dalam pada 2020 serta pemulihan lebih lambat turut menjadi sentimen negatif.

IMF memprediksi produk domestik bruto (PDB) global akan menyusut 4,9 persen tahun ini atau lebih dalam dari proyeksi 3 persen yang dikeluarkan April 2020. Adapun, IMF memproyeksikan pertumbuhan hanya 5,4 persen pada 2021 atau turun dari prediksi sebelumnya 5,8 persen.

Prediksi itu menutupi katalis positif dari dalam negeri yakni rencana pemerintah menempatkandana Rp30 triliun di bank himpunan milik negara (Himbara).

Pria Pun Bisa Trauma Setelah Istri Melahirkan, Ketahui Gejalanya

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan pergerakan IHSG masih akan cenderung terbatas. Menurutnya, investor masih khawatir setelah IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

“Jumlah kasus harian covid-19 secara global yang semakin tinggi masih cukup mengkhawatirkan sehingga akan menyebabkan perekonomian tidak akan bisa pulih secara cepat,” papar dia seperti dikutip Bisnis.com, Senin (29/6/2020).

Bupati Wonogiri: Pencatatan Kasus Covid-19 Mestinya Diubah, Jangan Berdasarkan NIK

Koreksi IHSG Masih Wajar

Dia memprediksi IHSG melemah pada 29 Juni. Indeks akan bergerak dengan level support pertama 4.877 dan kedua 4.850 selanjutnya resisten pertama 4.936 dan kedua 4.968.

Artha Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi saham 29 Juni hold untuk saham SCMA dan TLKM. Sementara itu, saham PTPP direkomendasikan speculative buy.

Sementara itu, Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pola gerak IHSG pada Senin terlihat masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Sedangkan sentimen negatif dari pergerakan market global yang sedang dalam tekanan juga masih membayangi pergerakan IHSG.

Liga 2 2020 Lanjut Oktober, Pemain Persis Solo Segera Dikumpulkan?

Mengingat fundamental perekonomian Indonesia masih berada dalam kondisi stabil, dia menilai momentum koreksi IHSG masih wajar. IHSG 29 Juni masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek.

Hari ini, IHSG diperkirakan bergerak dalam rentang 4.789- .971. Indosurya Bersinar memberi rekomendasi saham 29 Juni untuk SMRA, CTRA, TLKM, BBNI, SCMA, SRIL, dan AKRA.

Sumber: Bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho