SOLOPOS.COM - Bursa Efek Indonesia (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA -- Tiga analis memberikan rekomendasi saham 23 Juni. Saham-saham yang menarik diperhatikan di antaranya adalah saham-saham pusat perbelanjaan dan sektor konsumer.

Sementara, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih rentan mengalami koreksi pada sesi perdagangan Selasa (23/6/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan IHSG terkoreksi 0,47 persen ke level 4.918 pada Senin (22/6/20200). Berdasarkan rasio fibonacci, support pertama dan kedua memiliki kisaran level 4.865,27 hingga 4.778,71.

Objek Wisata di Lahan Perhutani Boleh Buka Per 19 Juni 2020 Tapi Ada Syaratnya

Sedangkan resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 4.975,54 hingga 5.97,14. Nafan menyebut berdasarkan indikator MACD IHSG telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stokastik dan RSI berada di area netral.

“Di sisi lain, sebelumnya terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat,” ujarnya melalui riset harian yang dikutip, Selasa.

Binaartha Sekuritas memberi rekomendasi saham 23 Juni, sebagai berikut:

Kasus Positif Terus Bertambah, Status Risiko Covid-19 Boyolali Bertahan di Zona Oranye

Saham Pusat Perbelanjaan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)

PT Estika Tata Tiara Tbk. (BEEF)

PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE)

PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF)

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA)

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS).

Ini Kondisi Gunung Merapi Setelah Gempa Pacitan

Secara terpisah, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga memprediksi IHSG bakal melemah pada sesi perdagangan, Selasa. Pergerakan indeks menurutnya masih akan dibayangi kekhawatiran kelanjutan gelombang kedua Covid-19.

“Sejauh ini juga masih minim sentimen pergerakan yang dapat mendorong pasar,” jelasnya.

Dennies memprediksi IHSG akan bergerak dengan level support pertama 4.899 dan kedua 4.880. Selanjutnya, resistance pertama 4.966 dan kedua 4.942.

Proyek Jembatan Rp948 Juta di Gilirejo Baru Sragen Diganggu Longsor

Artha Sekuritas memberikan rekomendasi saham 23 Juni, hold untuk saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP), PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang melemah dan masih dibayangi oleh gelombang tekanan yang belum akan berakhir.

Sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas disebut masih akan mewarnai pergerakan IHSG. Kendati demikian, kondisi perekonomian dinilai masih stabil.

Getaran Gempa M5,0 Bangkitkan Trauma Gempa Klaten 2006

Momentum Koreksi Wajar

“Momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek”, tulisnya dalam keterangan tertulis, Selasa.



Indosurya Sekuritas memberi rekomendasi saham 23 Juni untuk delapan saham, mulai dari sektor perkebunan, konsumer, hingga semen. Kedelapan saham itu adalah:

Mengungkap Manfaat Psikologis Mendengarkan Lagu Galau

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP)

PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR)

PT PP London Sumatra Tbk. (LSIP)

PT Mayora Indah Tbk. (MYOR)

PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR)

PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya