SOLOPOS.COM - Pengunjung melintas di depan papan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (24/6/2020). (Solopos/JIBI/Abdurachman)

Solopos.com, JAKARTA -- Analis memberikan rekomendasi saham 10 Juli untuk sejumlah saham dari berbagai sektor, mulai dari pertambangan, konstruksi, hingga sektor farmasi.

Sementara, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal bergerak konsolidasi di area jenuh beli pada perdagangan hari ini, Jumat (10/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun demikian, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menuturkan peluang penguatan IHSG masih cenderung terlihat secara momentum.

"Perang" Dimulai, Donald Trump Balas Penerapan Pajak Layanan Digital di Prancis?

Menurutnya, IHSG akan kembali uji support psikologis sebagai konfirmasi penguatan lanjutan apabila mampu bertahan di atas level tersebut. Prediksi ini menjadi pertimbangan analis memberi rekomendasi saham 10 Juli.

“Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat dengan support resistance 5.015-5.150,” tulis Lanjar dalam riset hariannya seperti dikutip Bisnis.com, Jumat.

Adapun pada perdagangan Kamis (9/7/2020), IHSG turun 23,28 poin atau 0,46 persen ke level 5.052,79 dengan saham-saham sektor infrastruktur (-0.85 persen) dan Keuangan (-0.69 persen) menekan pergerakan indeks.

Fair & Lovely Terbentur Isu Rasial di India, Unilever Indonesia akan Ubah Kemasan?

Ambil Untung Investor Bikin IHSG Tertekan

Lanjar menyebut investor seakan melakukan aksi ambil untung setelah sebelumnya IHSG bergerak optimistis didorong oleh kedua sektor tersebut. Tercatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar Rp131,43 miliar.

Dia memberi rekomendasi saham 10 Juli untuk saham-saham berikut ACES, ADRO, BBRP, CTRA, INDY, PTBA, dan WIKA.

Sementara itu, hal senada disampaikan Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya. Dia menyampaikan pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang terkonsolidasi setelah mengalami kenaikan dalam beberapa hari sebelumnya.

Penyedia Layanan Rapid Test Covid-19 Diminta Lapor ke Pemkot Solo

Sedangkan gelombang tekanan terlihat belum akan berakhir. “Sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas, dan masih terjadinya capital outflow secara year to date turut membayangi pergerakan IHSG,” papar William dalam risetnya, Jumat.

Pada Jumat (10/7/2020), IHSG berpotensi bergerak terkonsolidasi. PT Indosurya Bersinar Sekuritas memperkirakan IHSG bakal begerak dalam rentang 4.789-5.123.

Untuk rekomendasi saham 10 Juli, Wiliam menyarankan investor mencermati tujuh saham pada perdagangan saham Jumat. Tujuh saham tersebut antara lain GGRM, WIKA, ASRI, AALI, ROTI, ACES, dan KLBF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya