Rekomendasi Saham 16 Juli, Perhatikan Saham Perbankan dan Media
Pengunjung melintas di depan papan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (24/6/2020). (Solopos/JIBI/Abdurachman)

Solopos.com, JAKARTA — Analis memberi rekomendasi saham 16 Juli untuk sejumlah saham dari berbagai sektor. Di antaranya saham dari sektor perbankan seperti BNGA, BBNI, dan BBRI, serta saham perusahaan media, MNCN dan SCMA.

Sementara, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Kamis (16/7/2020) diprediksi akan bergerak melemah. Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher menjelaskan IHSG ditutup melemah pada sesi Rabu (15/7/2020) meski sempat menguat awal perdagangan.

Katalis produksi vaksin oleh Moderna dan surplus neraca perdagangan US$1,27 miliar di atas konsensus menopang laju indeks.

Kencan Online Hingga Menikah, Wanita AS Disekap di Nigeria

Untuk hari ini, Dennies memprediksi IHSG akan bergerak melemah. Secara teknikal, indikator Stokastik bergerak di area overbought mengindikasikan potensi pelemahan.

“Pergerakan akan cenderung terbatas dikarenakan investor akan lebih wait and see menanti hasil rapat dewan gubernur [RDG], pernyataan terkait perekonomian, dan keputusan suku bunga Bank Indonesia,” jelasnya melalui riset yang dikutip Bisnis.com, Kamis (16/7/2020).

Dennies memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan level resistance pertama 5.085 dan resistance kedua 5.095. Adapun, support pertama di level 5.059 dan support kedua 5.043.

Pemadaman Listrik PLN Kamis 16 Juli Sasar Solo Baru Sukoharjo, Cek Jamnya

Analis Perkirakan IHSG akan Menguat

Artha Sekuritas memberi rekomendasi saham 16 Juli untuk sejumlah saham. Rekomendasi hold untuk saham PTPP, JSMR, SCMA, BBRI, dan BBNI, serta specific buy untuk saham WSBP.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta berpendapat beda. Dia mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support pertama dan kedua IHSG memiliki kisaran 4.975,54-4.865,27. Sedangkan resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 5.172,37-5.233,17.

Nafan menyebut berdasarkan indikator MACD, Stokastik, dan RSI menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, terlihat pola upward bar. “Mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance terdekat,” jelasnya.

Ini 4 Klaster Baru Kasus Positif Covid-19 Solo Dan Perincian Jumlahnya

Binaartha Sekuritas memberi rekomendasi saham 16 Juli untuk saham-saham AALI, BNGA, MNCN, SMRA, dan TLKM.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Indonesia William Mamudi memperkirakan IHSG akan menguat. IHSG masih membentuk doji-doji berkepanjangan dan kini uji resisten 5.100. Diperkirakan situasi sideways market 4.700-5.100 masih akan berlanjut pada awal semester II/2020.

Untuk rekomendasi saham 16 Juli, William memilih empat saham. “Untuk hari ini kami menyukai saham HMSP, TPIA, INCO, LSIP dengan rating trading buy,” paparnya.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom