SOLOPOS.COM - Pengunjung di pintu masuk Museum Sangiran di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (4/5/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SEMARANG — Berwisata ke Jawa Tengah (Jateng) tidak melulu harus ke tempat atau objek-objek wisata yang menyajikan pemandangan alam berupa keindahan pantai, gunung, dan danau. Jateng juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menyimpan banyak peninggalan sejarah seperti museum. Berikut rekomendasi museum yang layak dikunjungi di Jateng.

Jateng memang dikenal memiliki banyak museum. Total ada sekitar 60-an lebih museum yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, dalam artikel ini hanya ada lima museum yang akan dibahas. Kelima museum ini tergolong cukup ikonik dan layak mendapat rekomendasi untuk dikunjungi sebagai tempat wisata sejarah dan edukasi. Bahkan, salah satu dari kelima museum ini telah ditetapkan UNESCO sebagai situs Warisan Dunia atau World Heritage Site.

Berikut lima museum di Jateng yang layak dikunjungi:

Ekspedisi Mudik 2024

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta api uap B5202 buatan Maschinenfabriek Esslingen Jerman 1902 yang menjadi koleksi Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang. (Solopos.com-Imam Yuda Saputra)

Bagi yang ingin mendalami sejarah perkeretaapian lebih dalam, saat berkunjung ke Jawa Tengah (Jateng) wajib mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa di Kabupaten Semarang. Museum ini dulunya merupakan stasiun kereta api. Di museum ini terdapat sejumlah koleksi lokomotif kereta api kuno yang ditarik dengan kereta api uap pada masa penjajahan Belanda. Ditambah, kereta uap bergerigi di museum ini adalah salah satu dari tiga kereta paling unik di dunia.

2. Museum Ronggowarsito

rekomendasi museum di jateng
Museum Ronggowarsito di Semarang. (Dok. Solopos.com-Imam Yuda S.)

Jika ingin belajar paleontologi sembari berlibur, Museum Ronggowarsito wajib menjadi tujuannya. Museum Ronggowarsito terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1, Kota Semarang. Museum ini memiliki empat bangunan dengan koleksi sejarah yang berbeda.

Bangunan A menampung bebatuan, meteorit, batu mulia, batuan mineral, dan berbagai fosil zaman purba. Sedangkan Gedung B menyimpan artefak khas zaman Hindu, Buddha, dan Islam. Gedung C yang berisi kumpulan sejarah senjata, dan Gedung D yang berisi kumpulan koleksi tradisi Nusantara.

3. Museum Kretek

Museum Kretek Kudus Arya Saloka Dian Sastro Museum Kretek Kudus
Museum Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Museum di Jawa Tengah yang memberikan edukasi sejarah bermanfaat dan wajib dikunjungi adalah Museum Kretek Kudus yang terletak di Jalan Getas Pejaten, Kudus. Dibangun pada 3 Oktober 1986, museum ini menyajikan perkembangan pesat rokok atau kretek di Jawa, khususnya di Kudus.

Saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah awal perkembangan proses produksi kretek atau rokok. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempelajari lebih luas tentang dunia kretek karena terdapat 1.195 koleksi.

4. Museum Sangiran

Museum Sangiran merupakan salah satu museum di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi saat menghabiskan waktu akhir pekan. Pasalnya, museum ini merupakan salah satu museum dengan koleksi fosil purbakala yang relatif lengkap. Museum Sangiran juga memamerkan situs-situs arkeologi yang menarik sebagai obyek wisata dan kawasan penelitian terpenting pada zaman prasejarah di kawasan Asia. Museum ini bahkan telah menjadi UNESCO World Heritage Site atau situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Museum Diponegoro

museum pangeran diponegoro magelang
Museum Pangeran Diponegoro di Kota Magelang. (http://disporapar.magelangkota.go.id/sarana_pariwisata/detail/11)

Museum Diponegoro. Seperti nama museumnya, dimana museum ini dulunya tempat Pangeran Diponegoro ditangkap secara licik oleh Belanda dan kemudian diasingkan ke Sulawesi seumur hidup. Terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Magelang, Museum Diponegoro menawarkan wisata edukasi sejarah yang bermanfaat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan pemahaman mendalam tentang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya