Selter kuliner untuk PKL Gladak Langen Bogan (Galabo) malam selesai dibangun di kompleks taman parkir Jl. Mayor Sunaryo, Solo. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Libur Lebaran 2019 pun sudah di depan mata. Mayoritas masyarakat Indonesia telah bersiap mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran 2019 bersama keluarga tercinta.

Mudik lewat jalur darat masih menjadi pilihan banyak orang di Pulau Jawa. Apalagi kini sudah ada Tol Trans Jawa yang beroperasi. Keberadaan tol tersebut mempersingkat perjalanan darat. Jalur cepat sepanjang 995 kilometer yang membentang dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur siap dipakai. Animo masyarakat menjajal tol baru itu semakin besar. Terlebih Tol Trans Jawa menawarkan mudik lancar tanpa hambatan apapun.

Menjelang musim mudik 2019, tagar #PesonaKulinerTolTransJawa viral di Twitter. Tagar tersebut menjadi salah satu trending topik di Twitter Indonesia, Selasa (28/5/2019). Melalui tagar itu, netizen memberikan informasi seputar kuliner lezat yang berada di kawasan masing-masing.

Ada lebih dari 4.000 kicauan berisi rekomendasi kuliner lezat di sepanjang jalur Tol Trans Jawa yang dicuitkan netizen lewat tagar #PesoneKulinerTolTRansJawa. Netizen mempromosikan kelezatan kuliner khas daerah masing-masing yang layak dicicipi pemudik.

Jika mampir ke Cirebon jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya, yakni empal gentong. Olahan berkuah santan nan gurih itu biasanya berisi potongan daging hingga jeroan sapi yang sudah direbus hingga empuk #PesonaKulinerTolTransJawa,” tulis @Annisaannisaa98.

Di Salatiga kamu bisa menemukan sate kambing muda berusia di bawah satu tahun. Uniknya, sate ini diberi bumbu celupan, yakni kecap asin, garam, dan bawang putih sehingga menghasilkan cita rasa gurih #PesonaKulinerTolTransJawa,” imbuh @nfranala.

Lontong dengan siraman kuah santan dan bumbu rempah serta dibubuhi suwiran daging ayam kampung selalu menjadi incaran masyarakat Batang dan pelancong asal luar kota,” imbuh @ilmannafi_an.

Memasuki Jawa Tengah, sayang rasanya jika melewatkan sejumlah makanan khas di daerah Solo. Apa saja sih? Nah di kota terbesar ketiga di Pulau Jawa ini kamu bisa menemukan Sate Kambing Pak Manto, sate buntel, tengkleng, #PesonaKulinerTolTransJawa,” imbuh @Eseetiawan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten