SOLOPOS.COM - Ilustrasi diskusi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar dari masyarakat tentu ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini mengingat semakin pesatnya perkembangan zaman, maka persaingan di dunia pendidikan pun semakin tinggi. Oleh karena itu pepatah “tuntutlah ilmu hingga ke negeri China” harus ditanamkan sejak dini.

Namun, apakah kamu sudah memiliki bayang-bayang akan meneruskan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Langkah pertama kamu dapat lakukan ,yaitu mengobservasi diri masing-masing tentang kelebihan serta kelemahannya. Selain itu, kamu harus berkonsultasi dengan orang tua maupun guru kamu tentang apa saja jurusan yang cocok denganmu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika kamu lulusan IPA maka dapat mengambil jurusan yang berbau SAINTEK. Namun, jika kamu dari lulusan IPS makan bisa mengambil jurusan SOSHUM. Ada baiknya jika kamu sungguh sungguh dalam belajar ketika akan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi atau yang biasa disebut SBMPTN, karena tes masuk ini tidak bisa diremehkan seperti halnya ujian biasa, walaupun ada jalur lain seperti SNMPTN dan Mandiri. Persaingan yang sangat ketat dari pendaftar berbagai daerah membuat kamu harus serius belajar. Apa aja sih yang diujikan ?

Baca Juga: Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Ekspedisi Mudik 2024

a.Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

b.Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Baca Juga:  Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Untuk mematangkan persiapan menghadapi SBMPTN, kamu dapat belajar menggunakan buku khusus tes SBMPTN yang banyak tersedia di gerai buku dan alat tulis. Namun, jika masih dirasa kurang jelas kamu juga dapat mengikuti program khusus SBMPTN yang ditawarkan oleh beberapa layanan bimbel . Biasanya, beberapa bimbel  tersebut  punya metode pembelajaran tersendiri untuk memaksimalkan kemampuan peserta yang akan mengikuti SBMPTN.

Nah, bagi kamu calon mahasiswa SOSHUM, inilah rekomendasi jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus.

Baca Juga:  Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Jurusan SOSHUM dengan Prospek Kerja Bagus

1. Jurusan Hukum

Tahukah kamu Hotman Paris? Dia seorang pengacara yang cukup kontroversial dan tajir serta sangat berpengaruh pada dunia perhukuman. Dia adalah salah satu orang lulusan jurusan hukum yang sukses berkat kemampuannya dalam memecahkan sebuah kasus dalam sebuah pengadilan.

Jurusan ini akan mengajarkan kamu terkait banyak pasal yang harus dipahami serta etika dan tata cara memecahkan suatu masalah. Lagipula jurusan ini merupakan jurusan yang cukup populer di setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia, karena jurusan hukum diklaim bisa menghasilkan orang-orang sukses di berbagai bidang yang berkaitan dengan hukum seperti pengacara, hakim, notaris, diplomat, hingga dosen.

Baca Juga:  Harga Tanah di Solo Lebih Ngeri Lagi Lur, Capai Rp65 Juta/M2

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang senang berbicara mungkin jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk bakatmu. Bagaimana tidak jurusan ini adalah jurusan yang sering dibutuhkan di dunia kerja, karena tidak terlepas kaitannya dengan komunikasi, penulisan, dan pendengaran. Jurusan ini mengajarkan kamu kode etik berkomunikasi yang baik hingga dapat mendapatkan kepercayaan orang lain layaknya orang terhipnotis dengan kata-kata yang kamu ucapkan.

Prospek kerja jurusan ini juga cukup mumpuni, antara lain juru bicara presiden, juru bicara partai, jurnalis, reporter,  dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Harga Tanah di Solo Baru Capai Rp25 Juta/M2, Minat Beli Lur?

3. Jurusan Akuntansi

Jika kamu selalu menjadi bendahara kelas mulai dari SD hingga SMA mungkin ini adalah jurusan yang tidak dapat kamu hindari. Dikarenakan jurusan ini tidak akan jauh dengan penghitungan angka, seperti keuangan, maka kamu sebagai mantan bendahara akan sangat terlatih jika memasuki jurusan yang satu ini.

Jurusan ini juga banyak dicari para stakeholder yang berkaitan dengan keuangan seperti bank, namun bisa menjadi bagian keuangan di suatu perusahan. Jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang cukup baik, misalnya kamu bisa berprofesi sebagai akuntan, teller bank, perpajakan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Ada Peristiwa Mistis 1970 di Balik Asal Usul Makamhaji Sukoharjo

Itu lah tiga jurusan populer yang memiliki prospek kerja yang bagus dalam bidang SOSHUM. Pilihlah jurusan sesuai minat dan kemampuan kamu masing-masing. Jangan sampai kamu ketika sudah masuk kuliah merasa salah jurusan, ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir kamu walaupun jurusan populer sekalipun. Jadi tetap rajin belajar dan mengasah skills terbaik kamu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya