Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja yang Bagus

Berikut ini terdapat rekomendasi juruan Soshum yang memiliki prospek pekerjaan bagus. Kira-kira apa saja?

 Ilustrasi diskusi. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi diskusi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar dari masyarakat tentu ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini mengingat semakin pesatnya perkembangan zaman, maka persaingan di dunia pendidikan pun semakin tinggi. Oleh karena itu pepatah “tuntutlah ilmu hingga ke negeri China” harus ditanamkan sejak dini.

PromosiWHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

Namun, apakah kamu sudah memiliki bayang-bayang akan meneruskan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Langkah pertama kamu dapat lakukan ,yaitu mengobservasi diri masing-masing tentang kelebihan serta kelemahannya. Selain itu, kamu harus berkonsultasi dengan orang tua maupun guru kamu tentang apa saja jurusan yang cocok denganmu.

Jika kamu lulusan IPA maka dapat mengambil jurusan yang berbau SAINTEK. Namun, jika kamu dari lulusan IPS makan bisa mengambil jurusan SOSHUM. Ada baiknya jika kamu sungguh sungguh dalam belajar ketika akan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi atau yang biasa disebut SBMPTN, karena tes masuk ini tidak bisa diremehkan seperti halnya ujian biasa, walaupun ada jalur lain seperti SNMPTN dan Mandiri. Persaingan yang sangat ketat dari pendaftar berbagai daerah membuat kamu harus serius belajar. Apa aja sih yang diujikan ?

Baca Juga: Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

a.Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

b.Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Baca Juga:  Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Untuk mematangkan persiapan menghadapi SBMPTN, kamu dapat belajar menggunakan buku khusus tes SBMPTN yang banyak tersedia di gerai buku dan alat tulis. Namun, jika masih dirasa kurang jelas kamu juga dapat mengikuti program khusus SBMPTN yang ditawarkan oleh beberapa layanan bimbel . Biasanya, beberapa bimbel  tersebut  punya metode pembelajaran tersendiri untuk memaksimalkan kemampuan peserta yang akan mengikuti SBMPTN.

Nah, bagi kamu calon mahasiswa SOSHUM, inilah rekomendasi jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus.

Baca Juga:  Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Jurusan SOSHUM dengan Prospek Kerja Bagus

1. Jurusan Hukum

Tahukah kamu Hotman Paris? Dia seorang pengacara yang cukup kontroversial dan tajir serta sangat berpengaruh pada dunia perhukuman. Dia adalah salah satu orang lulusan jurusan hukum yang sukses berkat kemampuannya dalam memecahkan sebuah kasus dalam sebuah pengadilan.

Jurusan ini akan mengajarkan kamu terkait banyak pasal yang harus dipahami serta etika dan tata cara memecahkan suatu masalah. Lagipula jurusan ini merupakan jurusan yang cukup populer di setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia, karena jurusan hukum diklaim bisa menghasilkan orang-orang sukses di berbagai bidang yang berkaitan dengan hukum seperti pengacara, hakim, notaris, diplomat, hingga dosen.

Baca Juga:  Harga Tanah di Solo Lebih Ngeri Lagi Lur, Capai Rp65 Juta/M2

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang senang berbicara mungkin jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk bakatmu. Bagaimana tidak jurusan ini adalah jurusan yang sering dibutuhkan di dunia kerja, karena tidak terlepas kaitannya dengan komunikasi, penulisan, dan pendengaran. Jurusan ini mengajarkan kamu kode etik berkomunikasi yang baik hingga dapat mendapatkan kepercayaan orang lain layaknya orang terhipnotis dengan kata-kata yang kamu ucapkan.

Prospek kerja jurusan ini juga cukup mumpuni, antara lain juru bicara presiden, juru bicara partai, jurnalis, reporter,  dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Harga Tanah di Solo Baru Capai Rp25 Juta/M2, Minat Beli Lur?

3. Jurusan Akuntansi

Jika kamu selalu menjadi bendahara kelas mulai dari SD hingga SMA mungkin ini adalah jurusan yang tidak dapat kamu hindari. Dikarenakan jurusan ini tidak akan jauh dengan penghitungan angka, seperti keuangan, maka kamu sebagai mantan bendahara akan sangat terlatih jika memasuki jurusan yang satu ini.

Jurusan ini juga banyak dicari para stakeholder yang berkaitan dengan keuangan seperti bank, namun bisa menjadi bagian keuangan di suatu perusahan. Jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang cukup baik, misalnya kamu bisa berprofesi sebagai akuntan, teller bank, perpajakan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Ada Peristiwa Mistis 1970 di Balik Asal Usul Makamhaji Sukoharjo

Itu lah tiga jurusan populer yang memiliki prospek kerja yang bagus dalam bidang SOSHUM. Pilihlah jurusan sesuai minat dan kemampuan kamu masing-masing. Jangan sampai kamu ketika sudah masuk kuliah merasa salah jurusan, ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir kamu walaupun jurusan populer sekalipun. Jadi tetap rajin belajar dan mengasah skills terbaik kamu.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Yusuf Mansur Doakan Semua Orang yang Mengkritik Dirinya

Yusuf Mansur bahkan mendoakan semua orang yang mengkritik dirinya agar diberi panjang umur dan kebaikan.

Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Salim Said Nilai Mega Tak Tulus Dukung Jokowi

Salim menilai Megawati mendukung Jokowi karena tidak ada pilihan lain mengingat elektabilitas politikus asal Solo itu pada 2014 tak terbendung.

Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kalimantan Lebih Kaya dari Jawa

Jin buang anak merujuk kepada istilah untuk menunjukkan suatu daerah yang jauh dari keramaian, sepi, dan terbelakang dari sisi ekonomi.

Salim Said: Jokowi Dikuasai Oligarki, Praktikkan Nepotisme

salah satu bentuk ketidakberdayaan Jokowi menghadapi oligarki adalah diberikannya kekuasaan yang sangat besar kepada Luhut Binsar Panjaitan.

Kian Banyak Kritikan, Ini Curahan Hati Ustaz Yusuf Mansur

Salah satu yang disoroti Yusuf Mansur adalah kian banyaknya akun di media sosial yang mengkritik dirinya.

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Jos! Polri Sita Aset BLBI Senilai Rp5,9 Triliun

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, total aset tersebut berupa pengamanan dan penguasaan fisik dari aset yang dimiliki oleh obligor atau debitur dana BLBI.

60 Pegawai Positif Covid-19, Kemensos Lockdown 5 Hari

Kemensos pun memberlakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/1/2022) hingga Senin (31/1/2022).

Wow! Logam Lumpur Lapindo Cocok untuk Pesawat Luar Angkasa

Kandungan logam lumpur Lapindo bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mobil listrik hingga pesawat luar angkasa.

Sering Dikritik, Yusuf Mansur Doakan Yang Terbaik untuk Edy Mulyadi

Edy Mulyadi adalah salah satu orang mengkritik investasi Yusuf Mansur yang kini digugat sebagian investor.

Kasus Jin Buang Anak, Polisi Hadirkan 8 Saksi Ahli

Kasus jin buang anak yang menjerat wartawan senior sekaligus seorang Youtuber, Edy Mulyadi telah bergulir ke tingkat penyidikan.