Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Favorit di Solo
Masjid Agung Solo. (Traveloka)

Solopos.com, SOLO – Wisata religi di Solo bisa jadi alternatif tujuan yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.  Apalagi pada saat Ramadan, berwisata religi bisa jadi salah satu alternatif kegiatan ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Indonesia sendiri menawarkan banyak sekali destinasi wisata religi yang pas untuk kamu kunjungi saat Ramadan tiba. Bagi yang berada di Solo dan sekitarnya atau memutuskan traveling ke Solo, ada banyak destinasi wisata religi yang bisa kamu temukan.

Yuk, lihat lebih dekat berbagai rekomendasi tempat wisata religi di Solo terpopuler berikut:

Resep Kolak Pisang Ubi Legit untuk Takjil

1. Masjid Laweyan

Masjid Laweyan disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di Solo. Masjid yang dipercaya telah berdiri sejak 1546 ini dibangun pada masa Kerajaan Pajang, jauh sebelum berdirinya Surakarta.

Masjid sederhana ini berada di kawasan Kampung Batik Laweyan. Sampai saat ini masjid itu masih berdiri kokoh dengan beberapa ornamen yang terjaga keasliannya.

Keberadaan masjid bersejarah ini menjadi saksi persebaran ajaran Islam di tanah Jawa pada masa itu. Mengunjungi destinasi wisata religi di Solo satu ini, kamu juga bisa melihat kompleks pemakaman yang disakralkan di belakang bangunan Masjid Laweyan. Makam ini milik Ki Ageng Henis yang merupakan tokoh berpengaruh di Laweyan pada masa lalu.

Hati-Hati! 5 Hal Sepele Ini Kurangi Pahala Puasa

2. Masjid Agung Surakarta

Destinasi wisata religi di Solo yang menarik untuk dikunjungi pada saat Ramadan adalah Masjid Agung Surakarta. Dulu masjid ini dikenal dengan nama Masjid Ageng Keraton Hadiningrat.

Masjid bersejarah ini berada di kawasan Keraton Surakarta dengan arsitektur khas yang sangat unik dan menarik. Masjid yang juga berperan penting dalam persebaran ajaran Islam di Jawa ini dibangun pada 1749 oleh Pakubuwono III.

Jadi, tak heran saat mengunjungi destinasi wisata religi di Solo satu ini kamu tak hanya bisa mengagumi keunikan dari arsitekturnya. Namun juga melihat langsung berbagai benda bersejarah Keraton Surakarta. Seperti jam matahari dan alat musik gamelan yang dikeramatkan.

Jadwal Minum Air Putih Agar Tak Dehidrasi Selama Puasa

3. Masjid Dalem Kalitan

Masjid Dalem Kalitan adalah masjid yang berada di kompleks Dalem Kalitan miliki Ibu Tien Soeharto. Pada mulanya, masjid bersejarah ini dibangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan sekitar 1786.

Kompleks masjid dibangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa. Kompleks ini kemudian dihibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit pada 1965.

Sejak saat itu bangunan tersebut dikenal dengan nama Dalem Kalitan. Kemudian bangunan ini oleh Ibu Tien yang masih memiliki garis keturuan dengan kerabat Keraton Mangkunegaran beberapa tahun kemudian.

Mudik Dilarang, Transportasi Umum Disetop

Kini, Masjid Dalem Kalitan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Solo. Di sana kamu bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah keluarga kerajaan. Termasuk memasuki rumah yang dulu pernah ditinggali Ibu Tien.

Itulah beberapa rekomendasi tujuan wisata religi di Solo yang bisa jadi alternatif traveling saat berada di Solo. Destinasi wisata religi mana yang paling menarik menurutmu?

Apapun pilihan tujuan wisata religi di Solo favoritmu, penuhi kebutuhan traveling lebih mudah lewat aplikasi Traveloka.

Tak cuma dapatkan penawaran harga terbaik dan berbagai promo hotel menarik. Di bulan Ramadan ini kamu juga bisa temukan lebih banyak promo Ramadan untuk berbagai kebutuhan traveling-mu!

Round-Up Covid-19 Soloraya: 117 Pasien Positif, 4 Hari Tambah 34 Kasus


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho