Rekomendasi 5 Drakor Bertema Psikologi yang Wajib Ditonton
Pemeran Its Okey, That Love (IDN Times)

Solopos.com, SOLO— Serial drama Its Okay to be Not Okay yang berakhir dengan pujian berhasil membuat kagum lantaran mengangkat isu kesehatan mental. Meski begitu, drama Korea yang diperankan Kim Soo Hyun ini bukan yang pertama mengangkat tema kesehatan mental.

Sebenarnya sudah banyak serial drama yang membahas isu kesehatan mental selain Its Okay To be Not Okay. Berikut lima rekomendasi drama Korea terkenal yang juga mengangkat isu kesehatan mental, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020);

Its Okay, That Love

Drama yang memiliki nama lain Its Alright, Its Love ini menceritakan tentang seorang penulis novel misteri terkenal bertemu dengan psikiater junior bertalenta di sebuah talk show. Tidak hanya berpusat kepada tokoh utama, tokoh pendukung pun mendapatkan spotlight yang cukup banyak. Its Okay, That Love ini menggambarkan bagaimana gejala, penyebab, serta perjuangan pasien mental illness melawan penyakitnya.

Its Okay, That Love mendapatkan apresiasi dari Korea Society for Schizophrenia Research yaitu organisasi yang menguji fenomena dan prasangka sosial terhadap pasien skizofrenia. Drama ini membawa dampak positif terhadap persepsi masyarakat akan penyakit skizofrenia maupun pasiennya.

Rekomendasi 5 Film India Terbaru dari SerbaDramaTV

Kill Me Heal Me

Kill Me Heal Me menceritakan tentang Cha Do Hyeon anak dari keluarga kaya pengidap Dissociative Identity Disorder (DID) atau berkepribadian ganda. Dia mengalami trauma masa kecil yang cukup parah. Semakin dia tumbuh, beberapa kepribadian lainnya muncul akibat reaksi dirinya akan trauma hebat yang dia alami.

Ji Sung mendapat pujian lantaran memerankan karakter Cha Do Hyeon, yang memiliki tujuh kepribadian, dengan sangat baik. Jalan cerita drama ini pun cukup menguras emosi.

Kill Me Heal Me menyampaikan pesan bahwa kesehatan mental pada jaman sekarang sangat penting, serta penderita mental illnes pun perlu diberi support, bukan dilihat dengan pandangan negatif.

Hyde, Jekyll, Me

Dilansir dari Asianwiki, drama ini bercerita tentang Koo Seo Jin yang memiliki dua kepribadian dalam tubuhnya. Koo Seo Jin diperankan oleh Hyun Bin, Ia adalah laki laki kaya, tampan, dan cerdas yang berprofesi sebagai seorang sutradara dan pengelola taman bermain wonderland. Sisi lain dalam tubuhnya bernama Robin.

Meskipun ada dalam satu tubuh, Koo Seo Jin dan Robin adalah dua sisi yang berbeda. Koo Seo Jin adalah pribadi yang dingin, sedangkan robin adalah pribadi yang manis dan polos. Uniknya mereka jatuh cinta dan memperebutkan perempunan yang sama yaitu Jang Ha Na yang diperankan oleh Han Ji Min.

Drama Korea Disebut Lebih Menarik dari Sinetron, Apa Ini Alasannya?

SKY Castle

Drama ini adalah drama satire yang mengangkat isu pendidikan di Korea Selatan. Dalam drama tersebut digambarkan bagaimana anak-anak menghadapi tekanan dari orang tua dan lingkungan sosial. Anak-anak tidak dapat menyuarakan pendapat mereka mengenai masa depan yang diimpikan dan tekanan berimbas pada fisik, mental, serta emosi.

Meskipun drama ini tidak menggambarkan diagnosa penyakit seperti drama yang lain, namun dalam drama ini penonton bisa melihat tanda-tanda stress, anxiety, depresi, dan burnout yang dialami tokoh-tokohnya.

Selain mengandung unsur positif, drama ini diapresiasi dengan rekor rating tertinggi dalam penayangannya. Drakor 20 episode yang tayang tahun 2018 ini menjadi salah satu serial TV terlaris sepanjang masa sebagaimana diwartakan Allkpop, Kamis (3/1/2019).

Drakor Haram Ditonton di Korea Utara, Nekat Bakal Dihukum

Fix You

Fix You atau Soul Mechanic merupakan drama korea terbaru yang ditayangkan pada bulan Mei tahun 2020 lalu. Drama ini merupakan drama medis yang membahas tentang makna dasar dari sebuah kebahagiaan, dengan menampilkan kisah kisah tentang psikiater dan pasien mereka.

Drama ini menjelaskan tentang masalah kesehatan mental yang umum terjadi, seperti kecemasan, depresi, gangguan panik, trauma, skizofrenia, tanpa penilaian yang negatif. Dengan pasien dan dokter yang beragam, Fix You juga menunjukkan bagaimana orang dapat memiliki gangguan kesehatan mental dan menerima bantuan dari psikiater.

(Indah Pranataning Tyas)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom