Kategori: Internasional

Rekam dan Sebar Aksi Pelecehan Anak, Sindikat Internasional Akhirnya Diringkus


Solopos.com/Indah Pranataning Tyas

Solopos.com, SYDNEY — Polisi Australia menyelamatkan 46 anak dan menangkap 14 pria yang tergabung dalam sindikat pelecehan anak jaringan internasional. Para korban diduga mengalamai pelecehan seksual dan bentuk eksploitasi lainnya. Jaringan tersebut memiliki hubungan dengan jaringan Amerika Serikat, Kanada, Asia, Eropa dan Selandia Baru.

Perawat Ini Didakwa dengan Pembunuhan 8 Bayi dan 10 Kali Percobaan

Dilansir Dailymail, Jumat (13/11/2020), 14 pria ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan. Mereka di dakwa dengan total 828 pelanggaran, temasuk pelecehan seksual terhadap anak, merekam, dan membagi rekaman pelecehan tersebut di media sosial, serta dakwaan bestialitas yang melibatkan empat hewan.

Barang Sitaan

Operasi Arkstone diluncurkan setelah penangkapan Justin Radfrod, 30, di Wyong, New South Wales pada Februari. Polisi dilaporkan menyita sejumlah perangkat komputer dari rumahnya, dan menemukan forum media sosial tempat anggota membuat rekaman pelecehan tersebut. Dalam forum media sosial tersebut, anggota lain diduga mengakses dan mengedarkannya.

Asisten Komisaris Gough mengatakan investigasi skala besar ini belum pernah terjadi sebelumnya. Menurutnya ini adalah jaringan kriminalitas yang kompleks dan saling terkait. Para tersangka berusia antara 20 hingga 48 tahun, dengan usia rata-rata 28 tahun.

Wanita Afghanistan Buta Setelah Ditembak dan Ditikam Karena Dilarang Bekerja

Mereka termasuk pekerja pengasuhan anak, pelatih sepak bola, pekerja pendukung disabitias, tukang listrik, pegawai supermarket, dan koki. Sementara usia korban berkisar antara 16 bulan hingga 15 tahun, dengan usia rata-rata delapan tahun. Dari 46 korban, 39 berasal dari New South Wales, enam dari Australia Barat, dan 1 dari Queensland.

“Tidak boleh ada anak yang mengalami pelecehan dan kekerasan dari orang yang mereka percayai. Sayangnya dan memilukan, ini telah menjadi kasus penganiayaan para korban di Australia,” kata Gough.

Salah satu pria yang dituduh terlibat adalah pekerja pengasuhan anak Timothy Doyle (27) dan rekannya Steven Garrad (22). Doyle menghadapi 303 dakwaan termasuk hubungan seksual dengan anak di bawah umur 10 tahun.

Sarah McBride, Senator Transgender Pertama Amerika Serikat

Dakwaan Terhadap Pelaku

Sementara Steven Garrad menghadapi 189 dakwaan, termasuk berpartisipasi dalam merekam serta membagikan rekaman tersebut ke media sosial. Grant Harden, 30, harus menghadapi 44 dakwaan, dengan tuduhan menggunakan posisinya sebagai pelatih sepak bola dan dugaan pelecehan terhadap tujuh anak.

Doyle dan Gerrad akan hadir di pengadilan di Port Macquarie pada 19 November, sementara Harden akan mengahadapi pengadilan lokal pusat pada 23 Februari 2021.

Gough mengatakan polisi telah merujuk 18 kasus ke Amerika Serikat, menghasilkan tiga dari 17 penangkapan. Selain itu polisi juga telah merujuk 128 kasus ke pihak berwenang di Kanada, Selandia Baru, Eropa dan Asia tanpa merinci tuduhan tersebut.

Tumbang di Pilpres AS, Trump Jual Helikopter Mewahnya

Asisten Komisaris Smith mengatakan para korban dan keluarga telah menerima dukungan setelah penyelidikan. Korban dan orang tua mereka dilaporkan mengalami trauma yang mendalam, dari insiden yang mengerikan tersebut.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf