SOLOPOS.COM - Patung Nyi Ageng Serang di Wates Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Penataan kawasan simpang lima Karangnongko Wates dan rehabilitasi Monumen Nyi Ageng Serang seharusnya dimulai Mei 2014, tetapi hingga pertengahan Juni kontraktor belum ditetapkan.

Kabid Cipta Karya, Dinas PU Kulonprogo, Zahram Asurawan, membenarkan, jadwal penataan kawasan simpang lima Karangnongko dan rehabilitasi monumen Nyi Ageng Serang mundur dari jadwal semula.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebenarnya proses lelang sudah dimulai tapi gagal dua kali dan sekarang sedang proses lelang ketiga kalinya,” jelasnya, Minggu (8/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Gagal lelang pertama kali disebabkan rekanan tidak memeuhi syarat administrasi teknis. Sementara kegagalan kedua, karena tidak ada rekanan yang mengajukan penawaran. Sejauh ini, Dinas PU kembali membuka penawaran dan akan ditindaklanjuti, Senin (9/6/2014).

Pelaksanaan proyek berlangsung selama lima bulan dalam dua tahap. Pertama, pelebaran jalan simpang lima Karangnongko dan kedua, rehabilitasi monumen Nyi Ageng Serang yang dilakukan seusai Lebaran.

“Sehingga November seluruh pengerjaan selesai,” sebutnya.

Penataan kawasan simpang lima Karangnongko dilakukan untuk memperlebar jalan utama sehingga monumen Nyi Ageng Serang terlihat pengguna jalan. Selain itu, upaya penataan kawasan akan dilanjutkan dengan rehabilitasi monumen Nyi Ageng Serang.

Dalam rehabilitasi tersebut, taman sekeliling monumen Nyi Ageng Serang yang saat ini berbentuk segitiga akan dibuat menjadi bulat. Monumen akan ditinggikan menjadi sekitar 12 meter dari ketinggian saat ini enam meter. Sedangkan landasan monumen yang berbentuk segi empat juga akan diubah menjadi silinder dengan ornamen batik gebleg renteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya