SOLOPOS.COM - Dua buah backhoe disiapkan untuk menyelesaikan rehabilitasi saluran irigasi Colo Timur di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sabtu (13/10/2012). Kontraktor ditarget menyelesaikan proyek rehab dalam waktu satu bulan. (Ivan Andimuhtarom/JIBI/SOLOPOS)


Dua unit backhoe disiapkan untuk menyelesaikan rehabilitasi saluran irigasi Colo Timur di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sabtu (13/10/2012). Kontraktor ditarget menyelesaikan proyek rehab dalam waktu satu bulan. (Ivan Andimuhtarom/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Proyek rehabilitasi saluran irigasi Colo Timur di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo mulai dikerjakan PT Setia Darma sejak Jumat (12/10/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proyek ini ditarget selesai dalam waktu satu bulan sejak aliran air di dam Colo Timur ditutup Kamis (11/10/2012) lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Koordinator proyek, Sabari, 55, ketika ditemui Solopos.com di lokasi proyek, Sabtu (13/10/2012) siang mengatakan perusahaannya sebagai rekanan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo mengerjakan rehabilitasi jaringan irigasi sepanjang sekitar 1,5 kilo meter.

Pekerjaan dibedakan menjadi dua, yaitu membangun penahan tanggul luar dan pengerjaan penampang basah. Sabari menambahkan, proyek yang sedang ia kerjakan bernilai sekitar Rp6 miliar. Pihaknya ditarget menyelesaikan pekerjaan tui dalam waktu satu bulan. Untuk mencapai target itu, ia mengerahkan 175 orang pekerja untuk lembur.

Senin (15/10/2012), ia berencana menambah jumlah pekerja khususnya untuk mengerjakan pemasangan slep beton di dinding tanggul dalam.

“Kendalanya ada di hujan. Kalau hujannya hanya sesekali, kami yakin bisa mengerjakan proyek ini. Tetapi kalau besok ada hujan yang turun berhari-hari, itu bisa jadi masalah buat kami,” ujar dia.

Sementara Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Bengawan Solo, Danang Baskoro, ketika ditemui wartawan di sela-sela rapat pleno Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo (TKPSDA), Rabu (10/10/2012), mengungkapkan salah satu alasan pengeringan rutin Bendung Colo adalah memberi kesempatan kepada BBWS Bengawan Solo untuk melakukan pemeliharaan saluran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya