SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI- –Sebanyak 72.151 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Wonogiri membutuhkan pemugaran. Dari 25 kecamatan, wilayah yang memiliki paling banyak RTLH yakni Kecamatan Pracimantoro dengan 5.747 rumah, Jatisrono dengan 5.301 rumah dan Kismantoro dengan 5.611 rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappermas) Wonogiri, Semedi, mengatakan RTLH itu berupa rumah tipe C atau rumah yang kurang sehat dengan pemilik yang mayoritas bekerja sebagai buruh tani. “Pemugaran akan kami lakukan secara bertahap dengan mengajukan usulan di APBD kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat,” katanya saat dijumpai di Komplek GOR Giri Mandala, Jumat (7/9/2012).

Ia menambahkan bantuan pemugaran yang diberikan juga meningkat setiap tahunnya. Di 2010 dengan bantuan Rp2 juta per RTLH. Sedangkan mulai 2011, nilai bantuan yang diberikan juga untuk membeli kambing agar menambah pendapatan pemilik rumah. Di 2011 besaran bantuan Rp2.250.000 per RTLH dan di 2012 dengan Rp2,5 juta. Sedangkan di 2013, diusulkan naik menjadi Rp3 juta per RTLH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya