Tutup Iklan
Anak-anak menunggu antrean khitan di Klinik Asy Syifa, Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (30/12/2018). Mereka peserta khitan gratis LAZIS Wonogiri dan didukung penuh Regar Sport. (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZIS) Jawa Tengah Kantor Layanan Wonogiri yang didukung penuh Regar Sport menggelar khitan massal gratis di Klinik Asy Syifa, Manggis, Ngadirojo Kidul, Ngairojo, Wonogiri, Minggu (30/12/2018) pagi.

Pada kesempatan itu LAZIS mengkhitan 57 anak dari berbagai wilayah di Kota Sukses. Pimpinan Kantor Layanan LAZIS Wonogiri, Sri Ningsih, saat ditemui Espos di lokasi pembukaan acara, Masjid Taqwa Ngadirojo, mengatakan pihaknya menggelar khitan massal sudah tiga kali sejak 2016.

Pada tahun pertama pihaknya mengkhitan 28 anak dan pada 2017 mengkhitan 58 anak. Kegiatan ini bagian dari misi sosial LAZIS selain pemberian bantuan untuk anak yatim piatu, bantuan pendidikan, pelatihan usaha, dan lainnya. Khitan massal kali ini bertajuk Khitan Ceria Gratis 2018 dan mengangkat tema Khitannya Sekali, Barokahnya Sampai Mati.

Tujuannya untuk meringankan beban orang tua dalam mengkhitankan anak. Seperti diketahui, khitan merupakan sunah yang sangat dianjurkan. Proses ini penting untuk menjaga kesehatan organ intim laki-laki. Selain itu untuk menjaga ukhuwah dan menumbuhkan kepedualian sosial masyarakat.

“Insyaallah ini menjadi agenda rutin. Tahun depan akan kami laksanakan lagi. Regar Sport selaku donatur menyatakan siap menyokong kalau kami akan menggelar lagi. Tim medis juga senang bisa membantu,” kata Sri Ningsih.

Dia bersyukur selama ini Regar Sport selalu bersedia bekerja sama dalam kegiatan kemanusiaan. Produsen jersey besar di Kota Sukses itu menjadi donatur sejak 2015. Sebelum merambah pada pemberian donasi untuk khitan massal, Regar Sport memberi bantuan untuk beasiswa SD, SMP, dan SMA dan santunan anak yatim.

Hingga sekarang siswa penerima beasiswa mencapai ratusan anak. Setiap anak mendapatkan Rp100.000/bulan-Rp150.000/bulan selama setahun. Pemberian beasiswa bisa dilanjutkan jika prestasi akademik anak bersangkutan meningkat.

Beasiswa

Selain itu Regar Sport memberi santunan anak yatim Rp100.000/anak dan alat sekolah. Hingga 2018 ini anak yatim penerima santuan sudah mencapai ratusan anak. Selain itu bantuan dari Regar Sport yang beralamat di Kaloran, Giritirto, Kecamatan Wonogiri tersebut diwujudkan dalam bentuk pelatihan usaha kepada ibu dari anak yatim penerima beasiswa. Sejak tahun lalu Regar Sport memberi bantuan untuk khitan massal.

“Yang membanggakan lagi, pimpinan Regar Sport menanamkan kepedulian sosial kepada karyawan-karyawannya. Karyawan aktif membantu persiapan hingga pelaksanaan kegiatan,” imbuh Sri Ningsih.

Pemilik Regar Sport, Jumariyanto, mengatakan LAZIS merupakan satu dari 50 lembaga di Wonogiri yang mengelola donasi harian Regar Sport. Selain LAZIS, Regar Sport setiap hari memberi donasi kepada pihak lain, seperti panti asuhan dan yayasan sosial lain.

Pemberian donasi adalah wujud program corporate soial responsibility (CSR), yakni Regar Sport Berbagi. Ketika LAZIS memiliki program khitan massal gratis, Regar Sport menyambut sangat baik dengan memberi dana bantuan khusus. Hingga akhirnya khitan massal dapat direalisasikan.

“Selama ini kami memberi donasi harian. Untuk penggunaannya kami serahkan kepada lembaga pengelola,” ucap dia. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten