Refleksi Momentum Reformasi 1998: Sragen Lolos dari Kerusuhan dan Amuk Massa

Sragen terhindar dari aksi kerusuhan meskipun ada ribuan orang mahasiswa dan pelajar di Sragen sudah berkumpul di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen kala itu.

 Sebuah rumah bermodel lawas yang pernah menjadi markas SMPSR terletak di Kampung Cantel Wetan, Sragen Tengah, Sragen, Jumat (21/5/2021). (Espos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Sebuah rumah bermodel lawas yang pernah menjadi markas SMPSR terletak di Kampung Cantel Wetan, Sragen Tengah, Sragen, Jumat (21/5/2021). (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Peristiwa amuk massa pada 21 Mei 1998 di sejumlah daerah, termasuk di Solo, masih kuat dalam ingatan para aktivis mahasiswa di Sragen. Bumi Sukowati terhindar dari aksi kerusuhan meskipun ada ribuan orang mahasiswa dan pelajar di Sragen sudah berkumpul di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen kala itu.

Ikhwanushoffa, seorang koordinator lapangan (korlap) Solidaritas Mahasiswa Pelajar Sragen Untuk Reformasi (SMPSR) masih mengingat kuat momentum itu. Ikhwan, sapaan akrabnya, ingat tokoh-tokoh mahasiswa yang bergabung dalam SMPSR kala itu, di antaranya Dodok Sartono yang kini menjadi Direktur Geprek Sako Resto; Agus Riewanto, pakar ilmu hukum tata negara di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, dan Mukafi Fadli yang sekarang menjadi legislator di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Espos Premium merupakan layanan khusus dari Solopos.com yang lebih relevan dan memiliki diferensiasi dibandingkan free content. Untuk membaca artikel ini selengkapnya silahkan login atau daftar di SoloposID.

Terpopuler Hari Ini

Makam Misterius di Solo Baru Ternyata Ada Hubungan dengan Keraton Solo

Makam misterius di tengah trotoar jalan utama Solo Baru, Sukoharjo, ternyata memiliki hubungan sejarah dengan Keraton Solo, begini ceritanya.

Mahasiswa UNS Solo Beri Ultimatum: Bubarkan Menwa!

Ratusan mahasiswa UNS Solo memberi ultimatum kepada petinggi kampus untuk membubarkan Menwa karena dianggap tidak urgen dalam iklim akademik.

Di Karanganyar akan Dibangun Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah akan membangun universitas di Karanganyar. Izin operasionalnya sudah turun.

Misha Radovic Kok Belum Dampingi Persis Solo, Ini Jawaban Kaesang

Persis Solo resmi menggunakan jasa pelatih asal Serbia, Misha Radovic sebagai Direktur Teknik Persis Solo setelah diumumkan pada pekan lalu.

Stadion Manahan Jadi Tuan Rumah Lagi, Kaesang: Sama Saja Tetap Naik Bus

PT. Liga Indonesia Baru (PT LIB) resmi menunjuk kembali Stadion Manahan Solo sebagai tuan rumah Grup C Liga 2.

150-An Mobil Kuno bakal Diarak dari Colomadu sampai Keraton Solo

Sekitar 150 unit mobil kuno dan antik akan diarak dari De Tjolomadoe menuju Keraton Solo dalam rangkaian HUT ke-42 dan Munas PPMKI di Solo.

Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo

Makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru dekat bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Sukoharjo, terlihat masih terawat.

Berapa UMK Solo 2022? Berikut UMK di Soloraya 10 Tahun Terakhir

Diprediksi persentase kenaikan upah minimum pada 2022 berpotensi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Persis Solo Menang, Warga Semanggi Ini Bagi-Bagi Kue Gratis

Seorang warga Semanggi, Gandhi Iwan Soekarno, 30, memiliki cara tersendiri saat merayakan kemenangan saat Persis Solo mengalahkan PSCS Cilacap dengan skor 2-0.

Buntut Dana Kompensasi Sampah Tak Cair, Warga Buang Sampah di Kecamatan

Warga Kelurahan Cilowong menolak sampah dari Tangsel dibuang ke TPA Cilowong dan mengarahkan ke halaman kantor kelurahan dan kecamatan buntut dana kompensasi tak cair.

Duar! Mobil Tertabrak Kereta Barang di Grobogan, 3 Orang Tewas

Sebuah minibus tertabrak kereta api di perlintasan tanpa penjaga di Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, tiga orang meninggal.

Mahasiswa Minta Menwa UNS Solo Dibubarkan, Ini Tanggapan Wakil Rektor

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS Solo, Ahmad Yunus, menanggapi desakan mahasiswa untuk membubarkan Menwa (Resimen Mahasiswa).

Tumbuh Bunga Bangkai, Rumah Ketua RT di Ceper Klaten Didatangi Warga

Warga setempat sering mengerubungi rumah milik Sakirman, 60, lantaran penasaran dengan bunga bangkai yang sering memunculkan bau tak sedap.

Ganjar Dapat Paket Berlogo Persis Solo dari Lulusan Inggris, Ini Isinya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendapat sebuah paket berlogo Persis Solo dari dua anak muda asal Solo dan Jogja yang baru lulus dari universitas di Inggris.

Striker Persis Solo Nihil Gol Lawan PSCS, Pelatih: Itu Strategi!

Persis Solo berhasil menutup putaran pertama dengan keluar sebagai pemuncak klasemen Grup C Liga 2 Indonesia setelah mengalahkan pemuncak klasemen sebelumnya, PSCS Cilacap.

UMR Jateng 2022 Diusulkan Naik 10% Jadi Rp1,9 Juta

Kaum buruh di Jawa Tengah meminta UMP atau UMR 2022 naik 10% menjadi Rp1,9 juta yang disesuaikan dengan standar kelayakan hidup.