SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai masih banyak klaim keberhasilan pembangunan pemerintah yang tidak sesuai dengan rencana awal yang dijanjikan. Penilaiannya itu disampaikan lewat Refleksi Awal Tahun 2019 yang disampaikannya pada Rabu (2/1/2019).

“Semula, pemerintahan Presiden Joko Widodo [Jokowi] berapi-api menggulirkan jargon Revolusi Mental, namun bahkan sebelum genap empat tahun jargon itu telah lenyap diganti klaim pembangunan infrastruktur fisik,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fadli Zon menuding klaim pemerintah pembangunan infrastruktur sering kali mengambil hasil-hasil pembangunan dari pemerintahan terdahulu atau hasil pemerintah provinsi dan kabupaten. Politikus Gerindra itu mengklaim hal itu terlihat dalam pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur penerbangan itu sebenarnya keberhasilan pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menggunakan APBD. Namun, kata Fadli Zon, hal itu kini diklaim seolah hasil pemerintah pusat sekarang.

“Begitu juga dengan jargon pembangunan Poros Maritim. Pemerintah pernah memperkenalkan konsep tol laut, tapi yang dibangun justru tol berbayar di darat,” ujarnya. Fadli Zon menuding jalan tol itu banyak dibiayai utang yang kini membebani keuangan BUMN.

Sementara itu, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) mengapresiasi keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi dalam menjaga pertumbuhan dan pemerataan pembangunan.

“Buktinya, berbagai proyek infrastruktur strategis terutama di luar Jawa satu demi satu sudah dapat dinikmati masyarakat sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Ketua Umum DPP PGK Bursah Zanubi.

Bursah juga mengapresiasi pemerintah yang mengambil alih Blok Rokan dan Blok Mahakam serta menguasai 51,2% saham PT Freeport. Tidak hanya itu, turunnya angka kemiskinan di Indonesia juga menjadi sorotan PGK.

“Angka kemiskinan terus turun hingga 9,82% atau terendah sepanjang sejarah Indonesia, tingkat pengangguran terbuka dan ketimpangan pendapatan juga dapat ditekan,” ujarnya.

Secara umum kesejahteraan masyarakat meningkat seiring dengan semakin baiknya pelayanan kesehatan, akses pendidikan, dan daya beli masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya