SOLOPOS.COM - Sedan Mazda6. (Caranddriver.com)

Recall mobil akibat airbag Takaka menimpa Mazda6 di seluruh dunia.

Solopos.com, HIROSHIMA – Setelah Honda, masalah cacatnya kantung udara (airbag) besutan Takata kini menimpa Mazda. Mobil yang harus ditarik (recall) adalah model Mazda6.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Caranddriver, Selasa (23/2/2016), recall mobil menimpa 1,5 juta unit sedan Mazda6 yang diproduksi di luar Jepang dan dijual di Australia, serta negara-negara di benua Eropa dan Asia.

Juru bicara Mazda Motor Corp di Hiroshima, Jepang, mengatakan komponen airbag cacat itu sensitif terhadap kelembaban. Alhasil ketika mengembang, udara yang diembuskan terlalu kencang dan melebihi kapasitas airbag.

Dampaknya, airbag yang seharusnya melindungi penumpang malah meletus dan menyemburkan komponen-komponen di dalamnya. Mazda mencatat sudah ada beberapa kasus kematian dan lebih dari 100 orang cedera akibat masalah tersebut.

Lantas bagaimana dengan unit di Tanah Air? Mazda6 di Indonesia didatangkan langsung dari Jepang jadi seharusnya tidak terkena recall. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) juga mengaku belum mendapat perintah recall mobil apa pun.

“Kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut Mazda6 di Indonesia mendapatkan recall atau tidak,” ujar Senior Marketing MMI, Astrid Ariani sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Otodriver.

Selain Mazda6, recall mobil dengan masalah yang sama juga menimpa sedan Mazda Atenza, truk Mazda Titan, dan belasan ribu unit pikap Mazda B Series.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya