Tak Selamanya Cuan, Drama Korea di Jam Primetime Bikin Stasiun TV Merugi

Berita buruk datang beberapa waktu lalu ketika KBS, MBC dan SBS dikabarkan akan berhenti menayangkan drama di jam emas pada slot penayangan Senin dan Selasa malam. Hal ini ternyata dilakukan tiga stasiun televisi besar tersebut demi menekan angka pengeluaran yang jarang mendatangkan profit. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Bukankan drama korea masih diminati?

 Cover poster drama Hotel De Luna - Dok. tvN Korea

SOLOPOS.COM - Cover poster drama Hotel De Luna - Dok. tvN Korea

Solopos.com, JAKARTA – Korea Selatan menjadi contoh yang baik bagi negara Asia lainnya mengenai bagaimana mengemas konten yang menarik bagi penontonnya. Drama menjadi sajian utama stasiun-stasiun televisi di Korea Selatan.

Tiga stasiun televisi Korea Selatan, KBS, MBC, dan SBS, menjadi langganan penyaji konten drama yang diminati pencinta drakor. Hingga hari ini, ketiga stasiun tv itu masih menayangkan drama di slot penayangan prime time antara pukul 10 hingga 11 malam.

Namun rupanya drakor tak selamanya mendatangkan cuan. KBS, MBC, dan SBS dikabarkan sempat akan berhenti menayangkan drama di jam emas pada slot penayangan Senin dan Selasa malam.

Drama Korea Konvensional Lesu Penonton

Dikutip dari Korea Times, MBC kali pertama mengumumkan rencana memutuskan program penayangan drama pada hari Senin dan Selasa malam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kompetisi dengan stasiun televisi lain yang juga menayangkan program serial.

Drama Welcome 2 Life menjadi drama terakhir stasiun televisi MBC dalam slot penayangan Senin dan Selasa malam, dan akan digantikan dengan program jurnalisme investigasi Straight.

SBS mengikuti langkah MBC dengan menjadikan The Secret Life of My Secretary sebagai drama terakhir pada slot penayangan Senin dan Selasa malam yang digantikan dengan reality show terbaru Little Forest.

KBS menjadi urutan terakhir yang mengikuti langkah MBC dan SBS dengan rencana akan menonaktifkan drama pada penayangan Senin dan Selasa malam pada Desember mendatang setelah drama I Wanna Hear Your Song dan Mung Bean Chronicles berakhir.

Ketiganya memiliki kesamaan dalam menyikapi perubahan ini setelah mendapati kenyataan kalau penonton drama konvensional tak lagi menjadi raja rating.

Realita di Balik Manisnya Drama Korea: Stasiun TV Sering Rugi

Tak Ada Profit

Keputusan untuk meniadakan program drama dinilai sebagai upaya bertahan hidup di tengah defisit keuangan yang dihadapi tiga pemain besar stasiun televisi dalam industri konten hiburan Korea.

KBS dikabarkan sudah menderita sejak tahun lalu dengan catatan kerugian mencapai 58,5 miliar won pada tahun 2018 dan diperkirakan akan kembali defisit sebesar 102 miliar won pada tahun ini.

Kerugian terbesar dialami MBC yang mencatatkan kerugian sebesar 123,7 miliar won pada tahun lalu, dan diproyeksikan akan kembali merugi pada tahun ini.

Meski tidak merugi besar-besaran, stasiun televisi SBS menunjukkan performa yang tidak baik melalui penurunan margin operasinya setiap tahun.

Program drama menjadi salah satu penyumbang kekecewaan tiga stasiun televisi ini, mengingat mayoritas dari drama yang ditayangkan pada slot penayangan Senin dan Selasa malam tak mampu mencetak angka rating diatas 2 digit.

Drama MBC Partners for Justice 2 hanya bisa berakhir dengan rating 9,9 persen, sedangkan drama terbaru KBS Perfume hanya dapat menghasilkan rating 5,9 persen, diikuti dengan rating drama SBS The Secret Life of My Secretary yang menjadi urutan terakhir dengan rating 4,6 persen.

Dari Web Series

Stasiun televisi kabel Korea, tvN menjadi salah satu industri media yang menangkap perubahan yang terjadi di dunia konten hiburan melalui channel Youtube-nya. Pergeseran penonton drama korea yang lebih memilih konten dengan durasi yang lebih ringkas membuat channel Youtube TVN D Story yang kebanyakan menampilkan web series justru diminati.

Hal ini diawali dengan popularitas web drama A-Teen yang diproduksi Playlist Global, sebuah studio web drama dibawah sayap portal Internet terbesar di Korea, Naver, keluar dengan mini drama remajanya yang hit.

Disiarkan pada Juli 2018, serial berdurasi kurang dari 30 menit ini mampu membuat sensasi di antara para remaja. Premis drama ini sendiri sangat sederhana, yakni kisah tujuh orang remaja yang duduk di bangku SMA dan caranya menghadapi masalah sehari-harinya.

Season keduanya yang rilis pada April 2019 membukukan catatan 300 juta penonton, melewati rekor penonton pada season pertamanya yang hanya berhasil menyita 200 juta penonton di seluruh dunia.

Pada Juni lalu, Playlist Global juga kembali merilis season ke empat dari flagship web drama-nya berjudul Love Playlist, yang mulai mengudara sejak Maret 2017 dan berhasil meraih total penonton hingga 300 juta.

Hal ini yang membuat banyak perusahaan industri berkembang mulai berbondong-bondong memproduksi web drama dan mulai melebarkan bisnis dengan endorse produk di sela-sela drama. Perkembangan ini juga yang ditangkap aktris Kim Sae-ron yang banyak berkiprah di dunia film layar lebar dengan proyeknya The Man from Nowhere, akhirnya mengambil proyek web drama yang sampai sekarang masih dianggap sebelah mata oleh pemain film Korea kelas wahid.

Penonton Mayoritas Remaja

Berbeda dengan drama konvensional yang menampilkan cerita cinta dari aktor dan aktrisnya yang sudah berumur, pakar menyatakan web drama diminati karena penontonnya berasal dari kalangan remaja.

Menurut survei dari Nasmedia pada tahun 2019 yang dikutip dari Korea Herald, remaja korea menghabiskan rata-rata 123 menit per harinya menonton konten melalui smartphone-nya. Mereka memilih menonton konten video yang lebih singkat dengan penyampaian yang lugas dibanding duduk diam selama 60 menit menonton drama konvensional atau variety show.

“Penonton muda tidak menonton konten yang tidak menyita perhatiannya dalam waktu singkat. Saat ini, sudah ada aktor dan aktris yang mulai menoleh pada media baru. Ini seperti mendobrak dinding antara platform konvensional dan platform baru,” ujar Lee Seul, penulis skrip web drama Love Playlist dalam wawancaranya bersama Korea Herald.

Sementara Bae Sun-ju dari firma pemasaran digital media menyebut hal ini sangat berdampak pada tren konsumsi yang terjadi di Korea saat ini.

“Perilaku konsumsi generasi muda ini memiliki dampak yang sangat besar pada lingkungan. Mereka dengan cepatnya mengubah tren, kebiasaan dan kultur,” tutupnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Tayang di Netflix, Ini Rekomendasi Drama Korea Terbaik

Berikut ini sejumlah drama Korea terbaru yang tayang di Netflix.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Ikatan Cinta 17 September 2021: Suasana Pondok Pelita Makin Genting, Al Curiga dengan Jessica

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 17 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Lirik Lagu You Better Believe Me - Raisa feat Kara Chenoa

Berikut ini lirik lagu You Better Believe Me dari Raisa feat Kara Chenoa, yang baru saja dirilis pada Rabu, 15 September 2021 di Youtube.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Aries Mulai Bosan dengan Gosip, Pisces Perlu Berhemat

Ramalan zodiak hari ini menunjukkan Aries sedang geram karena terlalu sering nimbrung dalam dunia gossip. Sementara Pisces harus lebih menyadari kebutuhan untuk berhemat penting dilakukan.

Alicia Keys Bakal Rilis Film Dokumenter Rahasia Perjalanan Kariernya 30 September Nanti

Alicia Keys bakal muncul dalam film dokumenter tentang rahasianya dalam menjalani hidup berkarier sebagai penyanyi, ibu, istri.

Deddy Corbuzier Ungkap Fakta Susi Pudjiastuti Tidak Pernah Minum Obat

Susi Pudjiastuti memang tidak mengonsumsi obat, tapi bukan berarti dirinya menolak berkonsultasi pada dokter.

Penampilan Terlihat Sederhana, Harga Outfit Lesti Kejora Ternyata Fantastis

Bukan hanya Lesti Kejora, tak sedikit artis Indonesia gemar memakai outfit dengan harga fantastis sekalipun terlihat sederhana.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn Perlu Lebih Objektif dan Gemini Harus Tahan Aktivitas Tubuh

Berikut ramalan zodiak hari ini lengkap yang telah dirangkum Solopos.com dari horoscope.com edisi Kamis (16/9/2021)

Larissa Chou Ingatkan Jangan Jadi Palsu Supaya Terlihat Baik

Sebelumnya, Larissa Chou juga pernah menuliskan pesan senada yaitu be what you are because you were not born to impress someone.

Ikatan Cinta 16 September 2021: Mama Rosa Turun Tangan Selidiki Pelaku Teror, Al di Mana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 16 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Dibuka Kembali! Ini Jadwal Bioskop Hari Ini 16 September 2021

Sempat tutup selama PPKM Level 4, berikut ini jadwal lengkap bioskop XXI yang ada di Solo dan kota lainnya pada hari ini, Kamis, 16 September 2021.

Lirik Lagu Salah Tompo - Dory Harsa feat Nella Kharisma

Berikut ini lirik lagu Salah Tompo dari Dory Harsa feat Nella Kharisma, yang baru saja dirilis pada Senin, 13 September 2021 di Youtube dan trending.