SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Pada semester I/2022, realisasi Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mencapai Rp124,5 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dari realisasi tersebut, anggaran yang telah disalurkan untuk bidang kesehatan mencapai Rp29,4 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk realisasi PC-PEN, tahun ini semester I dari Rp455,6 triliun, terealisasi Rp124,5 triliun, untuk kesehatan Rp29,4 triliun, terutama untuk pembayaran berbagai klaim pasien dari mulai tahun lalu dan yang sudah terverifikasi, serta insentif tenaga kesehatan,” katanya dalam rapat kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Jumat (1/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Sri Mulyani menjelaskan realisasi anggaran PC-PEN untuk bidang perlindungan masyarakat mencapai Rp60,2 triliun.

Realisasi anggaran tersebut terutama dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan sosial dan bantuan pemerintah lainnya dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat akibat pandemi serta kenaikan harga.

Baca Juga: Wow, Belanja Kompensasi BBM dan Listrik Tembus Rp104,8 Triliun

Di samping itu, telah terealisasi juga anggaran Rp34,9 triliun untuk bidang penguatan pemulihan ekonomi, antara lain dimanfaatkan untuk dukungan UMKM, insentif perpajakan untuk dunia usaha, serta tagging anggaran kementerian dan lembaga untuk program padat karya, dukungan pariwisata, dan ketahanan pangan.

Sri Mulyani menyampaikan pemerintah dalam hal ini akan terus memantau Program PC-PEN dan disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 serta perkembangan ekonomi.

Secara keseluruhan, Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja pemerintah pusat mencapai Rp876,5 triliun pada semester I/2022, tumbuh sebesar 10,1% secara tahunan.

Sri Mulyani menambahkan proyeksi realisasi belanja pemerintah pada semester II/2022 akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dalam menghadapi kondisi global dan efektivitas pelaksanaan program PEN, serta kebijakan untuk penebalan perlindungan sosial dan subsidi energi.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Lapor ke DPR, Sri Mulyani Ungkap Realisasi Program PEN Semester I/2022 Capai Rp124,5 Triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya