SOLOPOS.COM - Gelandang serang Manchester United, Ashley Young. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, SAN SEBASTIAN – Ashley Young lagi-lagi menjadi sorotan dengan tuduhan melakukan diving untuk mendapat penati bagi Manchester United. Terkait kritikan itu, Manajer United, David Moyes, pun membela pemain dan menilai Young memang layak dihadiahi penalti.

Cibiran terhadap Young muncul setelah United ditahan imbang Real Sociedad 0-0 dalam laga penyisihan Grup A Liga Champions di Stadion Municipal de Anoeta, San Sebastian, Rabu (6/11/2013) dini hari WIB. Young dituding bersandiwara agar mendapat hadiah penalti. Sayang, kado itu sia-sia setelah striker United, Robin van Persie, gagal mengeksekusi penalti karena mampu dimentahkan tangan kiri penjaga gawang Real Sociedad, C. Bravo.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Namun, kendati pertandingan telah usai kritik terhadap penampilan Young masih mengundang kontroversi. Dua mantan penggawa United, Roy Keane dan Ray Wilkins, menilai aksi Young dilakukan dengan sengaja untuk  menipu wasit asal Italia yang memimpin laga, Nicola Rizzoli. Young dituding bermain sandiwara setelah memanfaatkan sedikit tarikan gelandang Sociedad, Markel Bergara, di kotak penalti pada menit ke-69.

“Ashley Young sudah diturunkan terlalu banyak selama beberapa bulan terakhir. Dia telah banyak dikritik di Inggris tetapi di luar negeri itu lebih diterima. Dia hampir menipu wasit di sana. Sebagai pemain Inggris Anda akan senang, tapi dia menipu wasit di sana,” kata Keane yang baru saja ditunjuk sebagai Asisten Manajer Timnas Republik Irlandia, seperti dilansir The Guardian, Rabu.

“Ini menyedihkan. Dia berusaha menipu wasit. Dia pemain bagus tapi dia mendapatkan nama buruk,” tambah Wilkins melalui Sky Sports.

Kendati mendapat kecaman, Manajer United, David Moyes, enggan menyalahkan aksi Young yang membuat United mendapat hadiah penalti. Dia menganggap keputusan penalti itu tidak lepas dari kejelian sang pengadil pertandingan.

“Dia dilanggar di kotak [penalti]. Wasit berada di jarak dua meter dari sana dan dia yang memutuskan untuk memberikannya [penalti]. Saya tidak tahu tentang reputasi, tapi wasit membuat keputusan sepanjang malam. Dialah yang melihat perlunya hadiah penalti dan mengeluarkan pemain. Saya pikir wasit membuat keputusan dan itu adalah pilihan wasit,” tandas Moyes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya