SOLOPOS.COM - Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tak ingin menanggapi komentar Jose Mourinho. DokJIBI/Solopos/Reuters

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, terlihat kecewa setelah upayanya mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada final Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5/2013) dini hari WIB, gagal. Hingga 2×45 menit, duel Madrid-Atletico berakhir imbang 1-1. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID – Duel Real Madrid kontra Atletico Madrid pada final Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5/2013) berjalan cukup alot. Hingga 2×45 menit, kedua tim masih bermain sama kuat 1-1, hingga hasil akhir harus dilanjutkan dengan babak ekstra time atau tambahan.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Seluruh gol yang terjadi dalam pertandingan itu dalam waktu normal terjadi di babak pertama. Madrid menciptakan keunggulan melalui Cristiano Ronaldo, namun mampu dibalas Atletico lewat Diego Costa.

Jalannya Pertandingan

Mengusung misi memboyong trofi Copa del Rey Madrid coba menunjukkan kualitas terbaiknya kala menghadapi Atletico. Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menerapkan formasi 4-4-2 dengan menempatkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan.

Di sisi lain, Atletico, yang mengusung misi untuk menyudahi penderitaan dari Madrid selama 14 tahun,  menempatkan duet dinamiknya, Radamel Falcao dan Diego Costa, di lini depan.

Sesaat setelah kick off dibunyikan wasit Carlos Clos, Atletico langsung berusaha menyerang. Namun, kondisi itu hanya bertahan beberapa saat karena dihalau barisan belakang Madrid.

Sejak itu, Madrid pun langsung menerapkan pole position. Upaya Madrid menguasai permainan berjalan cukup mulus. Dengan memainkan umpan-umpan pendek Los Blancos, julukan Madrid, mampu mengurung pertahanan Atletico.

Sementara, Atletico cenderung melakukan serangan balik. Namun, alur serangan Los Rojiblancos yang terkesan sporadis belum mampu membongkar pertahanan Madrid yang solid.

Upaya Madrid menciptakan keunggulan akhirnya terlaksana di menit ke-14. Tandukan CR7 menyambut sepak pojok Ozil tak mampu dibendung kiper Atletico, Thibaut Courtois. Ini merupakan gol ke-55 Ronaldo di semua kompetisi musim ini dan ketujuh di ajang Copa del Rey.

Tertinggal Atletico mulai berani keluar. Skuat besutan Diego Simeone itu mulai berani bertarung di lini tengah. Namun, kerja sama Atletico yang terlihat kurang rapi masih berujung kegagalan.

Namun, di menit ke-35 upaya Atletico akhirnya menuai hasil. Falcao yang mendapat pengawalan ketat mampu lolos untuk melepaskan umpan terobosan mendatar ke Costa. Costa yang lolos dari pengawasan lini belakang Madrid pun mampu menceploskan gol ke gawang Madrid untuk menciptakan kedudukan menjadi 1-1.

Menjelang babak pertama berakhir, Madrid nyaris kembali menciptakan keunggulan lewat tendangan keras Ozil dari luar kotak penalt, namun tendangan gelandang internasional Jerman ini masih membentur mistar gawang Atletico dan tak mengubah kedudukan 1-1 di babak pertama.

Memasukki babak kedua, permainan tak banyak berubah. Madrid yang unggul penguasaan bola terus melakukan tekanan. Sedang, Atletico lebih banyak melancarkan serangan balik melalui Costa dan Falcao.

Pada menit ke-60, Madrid nyaris menciptakan keunggulan. Diawali aksi heroik CR7 di sayap kiri, Benzema menyambut bola untuk mencetak gol. Sayang, tendangan striker asal Prancis itu masih membentur mistar. Bola liar tendangan Benzema, yang disambut Ozil pun masih mampu dihalau bek Atletico, Juan Fran. Usaha Madrid pun urung berbuah gol.

Selang tujuh menit Madrid kembali mendapat peluang emas lewat tendangan bebas Ronaldo. Namun, tendangan bebas striker 27 tahun itu kembali gagal membuahkan gol karena membentur mistar gawang sebelah kiri Atletico. Ronaldo Nampak frustasi akan kegagalannya ini.

Memasukki menit ke-75, tensi pertandingan kian memanas. Banjir kartu kuning dan pelanggaran mewarnai jalannya laga. Di antara berbagai pelanggaran, para pemain Madrid lebih banyak dianggap bersalah. Hal ini menimbulkan protes keras dari Jose Mourinho dan membuatnya diusir dari pinggir lapangan oleh wasit Carlos Clos.

Hingga menit ke-90, baik Madrid maupun Atletico belum mampu menambah gol. Hasil 1-1 pun membuat babak tambahan pun harus digelar.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-2)

Diego López (Gk); Essien, Albiol, Ramos, Coentrão; Xabi Alonso, Khedira, Modric, Özil; Cristiano Ronaldo , Benzema

Cadangan: Casillas, Kaká, Carvalho, Arbeloa, Higuaín, Callejón y Di María.

Atletico Madrid (4-4-2)

Courtois, Juanfran, Godín, Miranda, Filipe Luis; Gabi, Mario Suárez, Koke, Arda Turan; Diego Costa, Falcao



Cadangan:Asenjo, Cata Díaz, Tiago, ‘Cebolla’ Rodriguez, Raúl García, Adrián y Óliver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya