SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo (Solopos.com)– Evakuasi warga di sekitar pusat reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, yang meledak terus dilakukan. Hingga kini tercatat 140 ribu warga dijauhkan dari radius berbahaya.

Dikutip dari Reuters, 140 ribu warga yang tinggal di sekitar PLTN di Jepang mulai diungsikan. Badan Pengawas Atom PBB mulai menyelidiki kerusakan yang terjadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Evakuasi warga di sekitar kedua pembangkit nuklir yang terkena dampak gempa dan tsunami sudah mulai,” kata jubir Badan Energi Atom Internasional.

Evakuasi dilakukan bertahap disesuaikan dengan jarak aman dari masing-masing reaktor. Yakni penduduk yang tinggal dalam radius 20 km di sekitar Fukushima Daiichi, diperkirakan 110.000 orang telah dievakuasi. Dalam radius 10 km di sekitar Fukushima Daini, sekitar 30.000 orang telah dievakuasi.

“Langkah-langkah evakuasi kendali belum selesai,” imbuhnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa akibat kebocoran ‘kecil’ tersebut, zat caesium radioaktif mulai terdeteksi di lingkungan sekitar reaktor Fukushima. Semua warga dievakuasi ke tempat yang aman. Hal ini karena peningkatan tingkat radiasi menjadi 1.000 kali skala normal.

Pemerintah Jepang telah mengumumkan melebarnya daerah radiasi dari 10 km menjadi 20 km. 4 Karyawan PLTN Fukushima diketahui terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat ini. (dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya