Reaktif Swab Antigen, 1 Guru dan 5 Murid SMAN 1 Polanharjo Sehat

Satu guru dan lima siswa dalam kondisi sehat dan sebelumnya sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

 Kondisi SMAN 1 Polanharjo yang ditutup sementara menyusul diketahui seorang guru positif Covid-19. Seorang guru yang terpapar virus corna bermula dari uji petik swab antigen di sekolah setempat. Foto diambil, Jumat (21/1/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Kondisi SMAN 1 Polanharjo yang ditutup sementara menyusul diketahui seorang guru positif Covid-19. Seorang guru yang terpapar virus corna bermula dari uji petik swab antigen di sekolah setempat. Foto diambil, Jumat (21/1/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Seorang guru SMAN 1 Polanharjo, Klaten, dipastikan terkonfirmasi Covid-19 sejak Kamis (20/1/2022) sore. Guru tersebut dan lima siswa sehari sebelumnya dinyatakan reaktif saat berlangsung uji petik swab antigen, Rabu (19/1/2022).

Kepala SMAN 1 Polanharjo, Joko Susila, mengatakan kelima siswa dan satu guru yang memperoleh hasil reaktif saat uji petik swab antigen dalam kondisi sehat. Seluruhnya juga sudah menjalani vaksinasi Covid-19 di waktu sebelumnya.

PromosiDi Balik Mistis Alas Donoloyo Wonogiri dan Pohon Jati Ratusan Tahun

Guna mencegah persebaran Covid-19, pembelajaran tatap muka (PTM) di SMAN 1 Polanharjo ditiadakan sementara. SMAN 1 Polanharjo kembali menggelar pembelajaran model daring.

Baca Juga: Satu Guru Positif Covid-19, SMAN 1 Polanharjo Klaten Ditutup

“Sekolah bukan ditutup, tapi daring selama tiga hari. Senin mendatang akan digelar PTM secara terbatas dengan dua sesi. Total siswa di sini mencapai 1.070 siswa. Sedangkan jumlah guru dan karyawan mencapai 70 orang,” katanya, Jumat (21/1/2022).

Joko Susila mengatakan SMAN 1 Polanharjo baru menggelar PTM secara full sejak satu pekan terakhir. Di tengah antusiasnya mengikuti PTM full, ternyata ditemukan siswa dan guru yang reaktif saat menjalani swab antigen secara acak.

“Uji petik swab antigen memang dilakukan secara acak. Untuk siswa dari kelas berbeda. Ternyata, hasil PCR-nya, satu guru positif Covid-19 [di waktu sebelumnya, yang bersangkutan belum pernah terpapar virus corona],” katanya.

Baca Juga: Mantap! Siswa SMAN 1 Polanharjo Klaten Bikin Wastafel Otomatis dengan Panel Surya

Kapolsek Polanharjo, AKP Nurwadi, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan uji petik swab antigen di sekolah merupakan upaya mencegah potensi virus corona. Uji petik dilakukan karena saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19.

“Memang, anak-anak itu lagi senang-senangnya belajar di sekolah. Semangatnya luar biasa [berhubung ada kasus positif, ditutup sementara waktu],” katanya.

AKP Nurwadi mengatakan di antara lima siswa yang sempat memperoleh hasil reaktif saat menjalani swab antigen sempat menangis di sekolah. Beberapa siswa sempat drop begitu melihat hasil swab antigen mereka reaktif.

Baca Juga: 1 Sekolah di Klaten Ditutup, Swab Antigen 5 Siswa dan 1 Guru Reaktif

“Ada yang menangis setelah tahu hasilnya reaktif. Tapi, saya katakan enggak apa-apa. Semoga, hasil PCR-nya negatif Covid-19. Saya motivasi mereka. Sekilas, memang para siswa dan guru yang hasil swab antigen dinyatakan reaktif itu sehat-sehat semua [tak ada gejala]. Begitu di tes PCR, ternyata seorang guru dinyatakan positif Covid-19. Kamis malam kemarin sudah diantar ke Asrama Haji Donohudan Boyolali,” kata AKP Nurwadi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.