SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Narapidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menyetujui pembebasan murni dirinya dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur di Bogor.

Menurut Ba’asyir, sejak divonis hukuman 15 tahun penjara tindak pidana terorisme oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, dia mengaku sudah menjalani proses hukuman selama 9 tahun. Dia mengatakan mendapatkan hak untuk bebas murni tanpa syarat apapun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ba’asyir juga mengucapkan terima kasih ke Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga kuasa hukum Jokowi Yusril Ihza Mahendra yang turun langsung ke LP Gunung Sindur untuk bebaskan dirinya.

“Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang yang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” tuturnya, Jumat (18/1/2019).

Yusril Ihza Mahendra mendatangi LP Gunung Sindur Bogor ditemani Yusron Ihza dan Sekjen PBB Afriansyah Noor. Selain itu, keluarga Abu Bakar Ba’asyir dari Solo bersama pengacaranya Achmad Michdan juga ikut hadir.

Sebelumnya, majelis hakim PN Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara kepada Abu Bakar Ba’asyir. Mantan pengasuh Pondok Al Mukmin Ngruki itu dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme di Indonesia.

Vonis 15 tahun penjara itu dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011. Seharusnya Abu Bakar Ba’asyir bebas murni pada 2026 belum dipotong remisi dari Ditjen Lapas.

Pada Desember 2018, Abu Bakar Baasyir seharusnya mendapatkan bebas bersyarat, namun ditolak oleh Ba’asyir karena lebih memilih bebas murni. Kemudian Januari 2019, Ba’asyir yang baru menjalani masa pidana 8 tahun mendapatkan bebas murni dari Presiden Jokowi atas dasar kemanusiaan dan usia yang sudah tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya