SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, khususnya keluarga rumah tangga miskin (RTM) di Dusun Kalibuko, Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kelompok Kerja (Pokja) Ruang Belajar Masyarakat (KBM) Kulonprogo memberikan stimulan bibit ikan dan pakan.

Fasilitator PNPM-Mandiri Perdesaan Kecamatan Kokap, Bayu Dwidjo Noorsito menjelaskan, Pokja RBM Kulonprogo memberikan bantuan sebanyak satu kwintal bibit ikan nila dan 17 kilogram bibit ikan tombrol di Dusun Kalibuko I, Kalirejo.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Tujuan pemberian bantuan bibit ikan tersebut, tambah dia, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dan kemandirian masyarakat khususnya RTM.

“Tidak hanya bibit, Pokja RBM juga memberikan stimulant pakan satu sak (30kg) bagi warga. Total bantuan yang diberikan hanya Rp3juta. Ini dilakukan untuk merangsang minat warga untuk lebih mandiri,” ungkapnya saat dihubungi Harian Jogja, Jum’at (14/10) usai penerimaan bantuan.

Dia menjelaskan, kolam ikan seluas satu hectare tersebut awalnya hanya menjadi sarang nyamuk malaria. Namun, Pokja RBM bersama masyarakat menginginkan agar cekdam tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan warga.

“Bantuan ini juga diberikan menurut skala prioritas yang disesuaikan dengan kebutuhan warga,” tambah dia.

Alasan lainnya, tambah dia, hal itu dikarenakan konsumsi warga terhadap ikan di wilayah sangat rendah sehingga dengan adanya kolam ikan tersebut, kebutuhan gizi warga khususnya dari ikan menjadi baik.

“Tujuan akhirnya juga agar wilayah ini, saat panen nanti, akan menjadi daerah wisata. Maka, warga terlibat penuh untuk memelihara dan memanen dengan cara membayar iuran Rp10.000-Rp25.000 per KK,” pungkasnya. (HARIAN JOGJA/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya