Tutup Iklan

Razia Prokes Satpol PP Kudus Konsisten Sasar Kerumunan Warga

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, giatkan pantauan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan meskipun kasus Covid-19 semakin berkurang.

 Satpol PP Kudus adakan razia protokol kesehatan. (Antara)

SOLOPOS.COM - Satpol PP Kudus adakan razia protokol kesehatan. (Antara)

Solopos.com, KUDUS -- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, giatkan pantauan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) meskipun kasus Covid-19 semakin berkurang. Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, kewenangan ada di masing-masing wilayah.

“Meskipun demikian, petugas masih tetap diterjunkan untuk memantau kepatuhannya apakah masih ada yang tidak taat prokes atau tidak," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Kudus, Djati Solechah, di Kudus, seperti dikutip Antara, Selasa (20/4/2021).

Masyarakat saat ini, kata dia, sudah cukup patuh karena mayoritas sudah memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Kalaupun ditemukan pelanggaran, petugas hanya mengingatkan untuk taat prokes.

Baca Juga : KPPBC Kudus Bongkar Rokok Ilegal Berkedok Sigaret Sampel

Untuk penindakan dengan denda administrasi atau sanksi sosial, kata dia, untuk sementara dikurangi karena lebih banyak dilakukan upaya persuasif. Ia berharap masyarakat tetap taat protokol kesehatan karena demi kepentingan bersama agar kasus penyakit virus corona bisa dituntaskan sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali.

Sementara penindakan yang dilakukan sepanjang Januari hingga 26 Februari 2021 menindak sebanyak 378 pelanggar karena tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Adapun total denda yang didapatkan dari para pelanggar mencapai Rp12,1 juta. Meliputi denda perorangan diberikan kepada enam orang, masing-masing sebesar Rp50.000, sedangkan pelaku usaha mikro sebanyak 59 tempat.

Baca Juga : Ada Replika Menara Kudus Di Masjid Peninggalan Kiai Udan Panas

Selain mewajibkan pelanggar membayar denda, ada pula yang hanya diberikan teguran lisan sebanyak 71 kali, sedangkan kerja sosial sebanyak 206 kasus. Sedangkan pembubaran kerumunan sebanyak 30 kali dan pembatalan acara enam kali.


Berita Terkait

Berita Terkini

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.

Banjir Bandang Landa Wonosoco Kudus, 62 Rumah Warga Terdampak

Banjir bandang kembali melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengakibatkan 62 rumah dan satu tempat wisata terdampak.

Buruh Jateng Desak Pemerintah Tak Pakai UU Cipta Kerja untuk UMK 2022

Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) meminta pemerintah tak menggunakan UU Cipta Kerja atau PP 36/2021 dalam menetapkan UMK 2022 di 35 kabupaten/kota.

Teman Ditahan, Anggota Perguruan Pagar Nusa Geruduk Polres Grobogan

Puluhan anggota perguruan silat Pagar Nusa mendatangi Polres Grobogan, Senin (29/11/2021) sore. Mereka memberikan dukungan moral dan meminta temannya yang ditahan dibebaskan.

Waspadai Varian Omicron, Ganjar: Tak Boleh Keluar Lewat Pintu Belakang

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebutkan sejauh ini belum terdeteksi keberadaan omicron di Jateng.

Kecanduan Game Online, Kakak Beradik di Temanggung Nekat Bobol Toko

Sepasang kakak-beradi di Temanggung yang nekat membobol toko ternyata masih duduk di bangku sekolah.

Cegah Mafia Tanah, BPN Grobogan Gelar Sosialisasi ke Kades dan Lurah

Kalaupun yang terjadi selama di Kabupaten Grobogan ini hanya persoalan tanah dari warisan dan sengketa batas tanah, bukan mafia tanah.

Sego Gono, Kue Tart Jadul Khas Kuliner Temanggung

Sego gono adalah kuliner khas Temanggung yang unik, karena dulu dijadikan hidangan saat ulang tahun selayaknya kue tart.

Demo Buruh di Semarang, Singgung Ganjar Nyapres

Aksi demo buruh menuntut kenaikan upah minimum atau UMK yang berlangsung di Semarang menyinggung kabar Ganjar Pranowo bakal nyapres.

Alhamdulillah, BLT Buruh Rokok Kudus Lanjut, Pemkab Siapkan Rp54 Miliar

Pemkab Kudus, Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan Rp54 miliar untuk melanjutkan program BLT buruh rokok pada tahun 2022.

Tips Menjadi Penerjemah di Era Digital ala Kepala Balai Bahasa Jateng

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Harimansyah, memberikan tips profesi penerjemah di era digital yang serba cepat dan canggih.