SOLOPOS.COM - Para siswa yang terjaring razia mendapatkan pembinaan di Mapolsek Ngawen, Senin (10/10/2022). - Istimewa/Humas Polres Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Belasan murid di Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, terjaring razia pelajar bolos sekolah, Senin (10/10/2022). Saat memeriksa, petugas menemukan kondom yang dibawa salah seorang pelajar SMP.

Dalam razia pelajar bolos sekolah di tiga lokasi yang berbeda itu, sebanyak 16 murid terjaring. Belasan pelajar itu dari SMP dan SMA. Ada beragam barang yang dibawa para murid itu.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Dari razia itu, polisi menyita delpaan unit sepeda motor serta barang-barang lain seperti delapan bungkus rokok hingga ponsel.

Kapolsek Ngawen, AKP Suharjiyanto, mengatakan razia terhadap pelajar bolos sekolah dilakukan sebagai upaya pencegahan peredaran obat-obatan terlarang dan minuman keras.

Baca Juga: Mayat Mr. X Mengapung di Saluran Irigasi Sleman, Diduga Meninggal 3 Hari Lalu

Meski demikian, dalam operasi ini tidak ditemukan barang-barang yang dimaksud karena hasilnya hanya beberapa bungkus rokok, delapan unit sepeda motor dan satu kondom yang dibawa seorang pelajar SMP.

Dia menjelaskan, razia dilakukan di tiga lokasi berbeda. Adapun waktunya mulai pukul 08.30 WIB-11.00 WIB. Kegiatan patroli dengan sasaran siswa yang bolos sekolah. Hasilnya ada 16 siswa yang terdiri dari siswa SMP dan SMK.

“Untuk miras atau narkoba tidak kami temukan,” katanya.

Menurut Suharjiyanto, belasan siswa yang terjaring razia kemudian dibawa ke Mapolsek Ngawen untuk dibina. Selain itu, pihaknya juga mengundang orang tua serta pihak sekolah dari masing-masing anak.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bunuh Diri Diduga Depresi, Ini Penjelasan Rektor

“Intinya kami minta agar pembinaan terhadap anak-anak ini bisa lebih ditingkatkan baik orang tua maupun dari sekolah. kegiatan yang kami lakukan juga mendapat apresiasi dari pihak sekolah,” katanya.

Menurut dia, tidak ada upaya hukum terhadap para siswa yang terjaring dan seluruhnya dikembalikan kepada orang tua. Adapun penertiban terhadap sepeda motor dengan knalpot tidak sesuai pabrikan dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Selain itu jangan sampai ada adu balap liar di wilayah Ngawen,” katanya.

Kasubaghumas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto mengatakan sudah mendapatkan informasi razia pelajar bolos sekolah di Kapanewon Ngawen. Ia berharap kepada orang tua terus mengawasi pergaulan anak sehingga tidak salah karena bisa berdampak terhadap permasalahan hukum.

Baca Juga: Bejat! Pimpinan Panti Asuhan di Kulonprogo Cabuli Anak Asuhnya Sejak 2020

“Harus diawasi jangan sampai salah arah karena dampaknya tidak baik karena jika melakukan pelanggaran atau pidana bisa berurusan dengan hukum,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Razia Siswa Bolos, Polisi Temukan Kondom di Tas Pelajar SMP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya