RAZIA KARANGANYAR : Puluhan Pelajar Tertangkap Saat Hendak Pesta Miras

RAZIA KARANGANYAR : Puluhan Pelajar Tertangkap Saat Hendak Pesta Miras

SOLOPOS.COM - Ilustrasi miras (favim.com)

Razia Karanganyar, 21 pelajar dan mahasiswa tertangkap di salah satu warung makan di Karangpandan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 20 pelajar salah satu SMA di Karangpandan dan satu mahasiswa terjaring operasi penyakit masyarakat (pekat) pada Selasa (11/10/2016).

Anggota Polsek Karangpandan menangkap 21 orang yang saat itu menongkrong di salah satu warung makan di Karangpandan. Anggota Polsek juga menyita lima botol minuman keras (miras) saat operasi.

Kapolsek Karangpandan, AKP Aris Dwi Handoko, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, menceritakan puluhan pelajar itu kaget dan beberapa orang berusaha lari saat petugas patroli Polsek menghampiri.

“Kami curiga. Lalu menggeledah tas semua pelajar. Ada lima botol miras jenis anggur, ketan hitam, bir. Lalu, kami bawa ke mapolsek untuk didata dan ditanyai. Kami menghubungi pihak sekolah. Mereka dari satu sekolah di Karangpandan,” kata Aris saat dihubungi Solopos.com, Rabu (12/10/2016).

Dari hasil pemeriksaan, puluhan pelajar itu patungan Rp3.000-Rp7.000 per orang untuk membeli miras. Aris mengelompokkan pelajar yang patungan dan pernah minum dengan pelajar yang patungan tetapi belum pernah minum.

Informasi lain menyebutkan sejumlah pelajar sudah mencicipi miras tersebut. “Belum sempat diminum. Mereka di warung makan itu untuk minum [miras]. Semua masih berseragam karena saat itu ada kegiatan sekolah selepas ujian. Mereka mengaku beli miras di rumah salah satu warga di dekat Terminal Karangpandan,” ujar Aris.

Anggota Polsek menindaklanjuti hal itu dengan mendatangi penjual miras dimaksud. Saat itu, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga sedang melakukan operasi pekat di tempat yang sama.

Anggota Polsek Karangpandan memberikan pembinaan dan meminta puluhan pelajar itu membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan mereka.

“Kami serahkan ke sekolah untuk dibina. Kami makin gencar melakukan operasi pekat sesuai instruksi pimpinan [Kapolres]. Kami juga berharap peran warga membantu memberantas pekat.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Program ini mengajak warga, khususnya di Desa Wukiharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman untuk turut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Manfaatkan Pengrajin Lokal, Bingah Leather Craft Sukoharjo Pasarkan Tas Kualitas Impor

Peserta UMKM Virtual Expo 2021, Bingah Leather Craft Sukoharjo, mampu membuat tas kulit berkualitas ekspor dengan harga terjangkau.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.

Duh, Tim Beregu Campuran Panahan Indonesia Terhenti di Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Riau Ega Agatha Salsabilla/Diananda Choirunisa dikalahkan pasangan Turki, Mete Gazoz/Yesemin Anagoz, di perempat final dengan skor 2-6.

Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Ini Profil Windy Cantika Aisah

Puncak prestasi Windy Cantika Aisah pada 2019 terjadi di SEA Games 2019 ketika memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg.

Serapan Dana Covid-19 di Jateng Disebut Rendah, Ini Respons Gubernur Ganjar

Akun Instagram @pandemictalks tuding serapan anggaran penanganan Covid-19 di Jateng terendah kedua. Ganjar sebut @pandemictalks salah data.