SOLOPOS.COM - Ilustyrasi (JIBI/Harian Jogja/reuters)

Ilustyrasi (JIBI/Harian Jogja/reuters)

BANTUL—Puluhan pengamen, gelandang dan pengemis (Gepeng) serta remaja berpenampilan  punk ditangkap kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul. Razia yang digelar di sejumlah perempatan Ring Road di Bantul itu diantaranya bertujuan mencegah munculnya kejahatan jalanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Razia terhadap para penghuni jalanan tersebut digelar Selasa (14/5/2013) mulai dari perempatan Ring Road Selatan Desa Tamantirto, Bantul hingga ke perempatan Blok O. Satu persatu, para pengamen, pengemis serta remaja berpenampilan punk diciduk dan digelandang ke dalam mobil polisi. Dari seluruh lokasi razia, terkumpul sebanyak 25 orang, tiga diantaranya masih anak-anak. Bahkan tak sedikit dari mereka merupakan para penghuni jalanan yang sudah ditangkap berkali-kali.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Bantul Kitri Suwondo mengatakan, razia sengaja digelar karena para penghuni jalanan tersebut diduga melakukan sejumlah pelanggaran seperti mengonsumsi minuman keras  serta diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

Adapun larangan mengonsumsi minuman keras diantaranya diatur dalam Perda Kabupaten Bantul. Sejumlah dugaan pelanggaran hukum tersebut menurut Kitri dapat menimbulkan aksi kriminalitas di jalanan. “Salah satunya untuk mencegah terjadinya kejahatan di jalanan,” pungkasnya. Menurut Kitri razia kemarin merupakan kali ke dua tahun ini setelah digelar bulan lalu.

Staf Satuan Sabhara Polres Bantul Dwi Santoso mengatakan, tak hanya berpotensi menimbulkan kejahatan jalanan, para Gepeng serta remaja berpenampilan punk itu diklaim melanggar Pasal 504 KUHP mengenai larangan meminta-meminta. Sebab selama ini diketahui mereka kerap mengemis di jalanan. “Meminta-minta itu dilarang undang-undang, sanksinya kalau tidak salah tiga bulan kurungan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya