SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (tengah), mengusap air matanya menggunakan sapu tangan saat memberikan pengarahan kepada para kadernya saat acara tumpengan merayakan ulang tahunnya di Taman Soekarno-Hatta Jebres, Solo, Jateng, Kamis (13/2/2020). (Solopos-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo menggelar acara tumpengan dan penanaman pohon di Taman Soekarno-Hatta Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (13/2/2020) pagi.

Kegiatan itu bertujuan untuk merayakan ulang tahun ke-60 Wali Kota Solo sekaligus Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo. Di acara ulang tahunnya, sang wali kota Solo sempat menangis dan sedikit bercerita tentang rekomendasi calon wali kota Solo untuk Pilkada 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembunuh Mertua Sekda Lamongan Dijanjikan Rp200 Juta, Baru Dibayar Rp200.000

Acara tersebut dihadiri jajaran pengurus DPC PDIP Solo, pengurus lima PAC PDIP se-Solo, serta anggota Fraksi PDIP DPRD Solo. Berdasarkan pantauan Solopos.com, pria yang akrab disapa Rudy itu hadir pukul 08.20 WIB dan acara langsung dimulai.

Rudy membagikan secara simbolis bibit tanaman kepada ketua PAC PDIP lima kecamatan. Ada 1000 an pohon yang akan ditanam hari itu. Lokasi dan prosesi penanaman diserahkan kepada pengurus PAC PDIP di lima kecamatan.

Setelah itu, acara dilanjutkan penanaman pohon oleh Rudy dan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa. Sedangkan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, tiba di lokasi saat sesi doa bersama untuk kebaikan Rudy dan PDIP.

Dalam sambutannya, Rudy sempat meneteskan air mata melihat kekompakan keluarga besar PDIP Solo. "Ternyata teman-teman masih mencintai saya," tuturnya sembari menyeka air mata menggunakan sapu tangan.

Mengenal Zulkifli Hasan, Ketum PAN Yang Juga Besan Amien Rais

Sejak awal mengurus PDIP Solo hingga sekarang sudah banyak cerita suka dan duka yang ditorehkan Rudy dan kawan-kawan. Ke depan, dia meminta seluruh kader PDIP Solo selalu memedomani prinsip atau filosofi akar sebuah pohon.

"Jadi lah akar yang kuat. Akar tugasnya mencari air, menembus tanah dan batu yang keras, untuk sebatang pohon. Ketika pohon tumbuh, ranting kuat, buah dan bunganya banyak, ikhlas lah pohon yang akan dikagumi," ujarnya.

Dalam konteks kehidupan manusia, Rudy menjelaskan, apa yang dilakukan akar merupakan takdir untuk mewujudkan kebaikan masyarakat. Jangan berorientasi kepada kepentingan pribadi, tapi mengutamakan kebersamaan.

Ada PSK Khusus Buat Turis Timur Tengah Di Cianjur, Untung Rp500.000 Per Kencan

Dalam konteks organisasi, Rudy memerintahkan seluruh kadernya tegak lurus kepada aturan dan instruksi partai. Selama ini, DPC PDIP Solo menurutnya selalu menaati dan patuh terhadap aturan partai yang telah dibuat.

"Apa pun yang nanti diputuskan DPP dan ketua umum mesti kita lakukan bersama-sama. Suka tidak suka PDIP tidak boleh dicabik-cabik, diporak-porandakan oleh siapa pun. Bila butuh pengorbanan biar salah satu saja," urainya.

Demi kepentingan masyarakat yang lebih besar, Rudy memerintahkan kadernya untuk terus bersatu-padu. Para kader PDIP, menurutnya, harus bisa meresapi dan menanamkan semangat warna merah yang menjadi identitas dan ciri khas PDIP.

"Apa pun rekomendasi yang nanti dikeluarkan Ketua Umum [PDIP] hukumnya wajib bagi kita semua untk memenangkan Pilkada. Untuk menyikapi Solo tetap kondusif, tetap aman, nyaman, dan PDIP tidak terpecah belah," katanya.

Sebelum rekomendasi turun, Rudi berharap kader PDIP Solo tidak perlu memecah diri sendiri. Soliditas kader dan tegak lurus partai ditegaskan Rudy harus dikedepankan di atas kepentingan lain. "Sekali lagi maturnuwun teman-teman semua," pungkas orang nomor wahid di Pemkot Solo tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya