SOLOPOS.COM - Gereja St Maria Fatima Sragen (albertusgregory.blogspot.com)

Gereja St Maria Fatima Sragen (albertusgregory.blogspot.com)

SRAGEN — Selama sepekan mulai Sabtu (1/12/2012) hingga Sabtu (8/12/2012), masyarakat Sragen akan disuguhi sejumlah agenda seni dan budaya di Gereja St Fatima Sragen. Gelar Seni Budaya Paroki Sragen yang baru kali pertama diadakan selama sepekan ini mengambil tema Ars Longa Vita Brevis- Seni Tan Winates, Gesang Menika Ringkes.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Penyelenggara Kegiatan, Romo Jost Kokoh Prihatanto Pr, ketika ditemui Espos di kantornya, Sabtu (1/11), kegiatan seni dan budaya ini diselenggarakan untuk memperingati Tahun Iman dan merayakan HUT ke-55 Gereja St Maria Fatima Sragen. “Iman tidak bisa dilepaskan dari kebudayaan. Seni berhubungan erat dengan religi, sedangkan kultus berhubungan erat dengan kultur. Orang yang beriman terkadang hanya menjalankan ritual. Jadi melalui serangkaian kegiatan ini kami ingin memperkaya iman dengan budaya,” terangnya.

Tujuan kegiatan ini, lebih lanjut dijelaskan, tidak sebatas bagi penganut Katholik saja. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan persaudaraan antarpenganut agama lain. “Kami berharap umat lintas agama yang juga kami undang dalam kegiatan ini bisa tumbuh dalam persaudaraan,” jelasnya.

Bagian Publikasi Acara, Mardani, menuturkan sejumlah acara seni dan budaya baik tradisi dan modern disuguhkan dalam pergelaran ini. Acara secara resmi dibuka Sabtu (1/12), pukul 18.00 WIB. Minggu (2/12) digelar pembukaan lelang lukisan untuk pembangunan Gua Maria dan Taman Doa Maria Fatima di Ngrawoh. Pengunjung juga disuguhi penampilan dari Hudson dan Didik Nini Thowok.

“Pameran lukisan dibuka di Galeri Gereja St Maria Fatima Sragen. Ada beberapa karya seniman dalam negeri dan luar negeri yang turut menyumbangkan karyanya. Mereka dari Australia, Jepang, Kanada, Amerika, Jepang dan Indonesia tentunya. Galeri Lukis dibuka Minggu-Jumat (1-7/12/2012), pukul 09.00 WIB – 14.00 WIB dan 17.00 WIB – 21.00 WIB,” ujarnya.

Agenda seni dan budaya Senin (3/12/2012)–Jumat (7/12/2012) digelar mulai pukul 17.00 WIB – 21.00 WIB. Sejumlah kesenian seperti seni musik, tari, teater, stand up comedy dan koor akan dibawakan oleh Mudika Sragen, pegiat kesenian Sragen, lintas agama, lintas budaya dan Ekumene. Puncak acara, Sabtu (8/12/2012), akan digelar sarasehan bersama Budayawan, Arswendo Atmowiloto mulai pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya