SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMBAHYANG IMLEK: Seorang warga bersembahyang dengan dupa-dupa di klentheng Pasar Gedhe. (foto: Lia/SPFM)

Solo [SPFM], Tahun baru Cina atau Imlek dirayakan hari ini (23/1) oleh keluarga Tionghoa. Tahun ini merupakan tahun 2563 dalam penanggalan Tiongkok, yang merupakan Tahun Naga Air. Di kota Solo sejumlah keluarga Tionghoa mendatangi Klentheng Tien Kok Sie, Pasar Gede Solo. Mereka bersembahyang dengan dupa-dupa sehingga asapnya memenuhi kompleks Klentheng ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengamat Budaya Tionghoa yang juga Humas Klentheng Tien Kok Sie, Aryanto Wong, hari ini (23/1) mengungkapkan bahwa berdasarkan kepercayaan masyarakat Tiongjoa, asap dupa yang membumbung ke langit, diharapkan akan membawa doa-doa mereka kepada dewa-dewa di langit. Aryanto menjelaskan pada tengah malam tadi telah dilakukan pemukulan bedug dan lonceng di Klentheng ini, sebagai penanda pergantian tahun. Lonceng dan bedung dibunyikan sebanyak 36 kali, sesuai dengan jumlah jenderal langit dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa.

Sementara itu, ornamen di kompleks Klentheng ini memang semarak dengan adanya ratusan lampion dan juga replika patung naga raksasa. Lampion dan lampu hias juga terpasang di depan kompleks pasar Gede beserta lampion berbentuk naga yang terpasang diatas jam pasar Gede. Aryanto menambahkan bahwa ornamen ini akan terpasang hingga penutupan rangkaian Imlek, yaitu Cap Go Meh yang dirayakan 2 pekan mendatang. [SPFM/LIA]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya