SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Dinas Kimpraswil Kota Jogja menganggarkan dana Rp70 juta untuk perawatan lima gauk atau sirine peninggalan Belanda. Gauk di Plengkung Nirbaya (Gading) saat ini dalam kondisi rusak.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum Kimpraswil Kota Jogja, Sukodarmanto, selama ini gauk hanya dibunyikan saat detik-detik Proklamasi 17 Agustus dan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November. Setiap momen tersebut, gauk setidaknya hanya dibunyikan selama satu menit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sukodarmanto mengatakan intansinya hanya menjalankan fungsi untuk melakukan pemeliharaan. Perbaikan gauk Plengkung Gading adalah permintaan langsung dari Dinas Pariwisata, karena gauk termasuk ikon pariwisata selain peninggalan sejarah.

“Sudah kewenangan kami untuk memperbaikinya sementara Dinas Pariwisata juga meminta agar gauk di Plengkung Gading agar bisa berfungsi, namun memang perlu dipikirkan mengenai pengoptimalan pemakaian,” tuturnya saat ditemui Harian Jogja, Selasa (4/9).(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya